alexametrics

Valencia Hentikan Ambisi Blaugrana Raih Double Winners

loading...
Valencia Hentikan Ambisi Blaugrana Raih Double Winners
Valencia Hentikan Ambisi Blaugrana Raih Double Winners
A+ A-
SEVILLA - Musim 2018/2019 berakhir antiklimaks bagi Barcelona. Misi double winners yang diidam-idamkan sebagai penebus kegagalan di Liga Champions urung terwujud. Blaugrana harus menahan malu karena kalah 1-2 dari Valencia di final Copa del Rey, Minggu (26/5).

Hasil buruk di Estadio Benito Villamarin merusak ambisi Barca meraih gelar ganda secara beruntun. Jika musim lalu mampu mengamankan gelar Primera Liga dan Copa del Rey, musim ini armada Ernesto Valverde harus puas hanya mengamankan takhta Spanyol saja.

Hasil itu kian menambah panjang nestapa Barcelona pada musim ini. Maklum, sebelumnya mereka digadang-gadang mampu menorehkan treble winners. Namun, prediksi itu melenceng ketika Ivan Rakitic dkk disingkirkan Liverpool dengan agregat 3-4 pada semifinal Liga Champions.



“Sebulan yang lalu kami merayakan gelar Primera Liga dan berpotensi meraih treble winners. Kami menciptakan harapan yang tinggi. Sayang, kami belum bisa memenuhi harapan itu. Memenangkan semuanya merupakan keinginan kami. Tapi, ada saat di mana Anda tidak bisa melakukannya,” ungkap Valverde, dilansir Football-Espana .

Banyak yang menganggap luka El Azulgrana setelah tersingkir dari Liga Champions belum sepenuhnya pulih. Terbukti, Barcelona terlihat sulit mengembangkan permainan di babak pertama. Imbasnya, Valencia mampu memanfaatkannya dengan mencetak dua gol lewat Kevin Gameiro (21) dan Rodrigo Moreno Machado (33).

Barca baru bisa memperkecil kedudukan melalui Lionel Messi (73). Meski demikian, Valverde enggan menyalahkan para pemainnya. Juru taktik berusia 55 tahun tersebut mengakui Barcelona tidak bermain cukup baik dibandingkan Valencia. Menurutnya, lawan tampil lebih bagus walaupun tidak dominan.

Karena itu, Valverde enggan terlalu meratapi kekalahan ini. Dia memilih terus maju ketimbang menanggapi rumor masa depannya. Dia berjanji akan berupaya melakukan upaya terbaik untuk membawa pasukannya menjadi lebih kuat pada musim depan.

“Setiap pelatih ingin memperbaiki keadaan. Kami semua kecewa karena kalah di final. Tapi, lebih baik mencapai tahap ini dan gagal ketimbang kalah di perempat final. Saya tidak bisa menyalahkan para pemain. Mereka memberikan segalanya dan saya tidak berpikir itu masalah mental. Lebih dari itu, Valencia adalah tim yang lebih baik,” ucap Valverde.

Kekecewaan turut menyelimuti skuad klub Katalan tersebut. Bek Gerard Pique mengungkapkan kekalahan di final Copa del Rey adalah kado pahit bagi Barcelona dan fans di pengujung musim ini. Pemain asal Spanyol itu hanya berharap kekalahan ini dapat menjadi pelajaran agar bisa meraih sukses lebih besar lagi.

“Di Barcelona, kami tidak bisa membuat alasan. Kami tahu bahwa kami wajib memenangkan setiap kompetisi yang diikuti. Namun, itu tidak terjadi musim ini. Ada saat-saat di mana kami belum cukup baik dan kami harus menerimanya,” kata Pique.

Jika akhir musim Barcelona jauh dari harapan, lain halnya dengan Valencia. Los Che bisa mengakhiri puasa gelar sekaligus meraih Copa del Rey pertamanya selama hampir 11 musim. Ini mengulang sukses yang terjadi pada 1941, 1948/1949, 1954, 1966/1967, 1978/1979, 1998/1999, 2007/2008, 2018/2019. Torehan ini melengkapi prestasi apik Valencia pada musim ini.

Perlahan tapi pasti tim asuhan Marcelino Garcia Toral itu mulai eksis lagi di papan atas. Mereka begitu konsisten menempati urutan keempat klasemen akhir Primera Liga hingga dua musim beruntun untuk pertama kali sejak 2012. Karena itu, wajar jika kegembiraan begitu dirasakan elemen klub. Marcelino mengatakan keberhasilan Valencia finis di posisi empat besar plus menjuarai Copa del Rey merupakan hasil kerja keras seluruh anggota tim dan dukungan penuh semua pihak.

“Ini adalah momen yang tidak terlupakan bagi saya, pemain, dan fans . Tiga atau empat bulan lalu kami tidak membayangkan semua ini. Tapi, kami layak mendapatkannya. Ini adalah hari paling bahagia dalam karier saya. Saya ingin berterima kasih kepada keluarga dan semua orang yang terlibat dengan klub,” ucap Marcelino.
(don)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak