Madrid-Barcelona Tolak Pindahkan El Clasico ke Bernabeu

Rabu, 16 Oktober 2019 - 21:31 WIB
Madrid-Barcelona Tolak Pindahkan El Clasico ke Bernabeu
Madrid-Barcelona Tolak Pindahkan El Clasico ke Bernabeu
A A A
MADRID - Real Madrid dan Barcelona menolak proposal La Liga untuk memindahkan laga El Clasico dari Nou Camp ke Santiago Bernabeu pada 26 Oktober. Sebelumnya, La Liga membuat permintaan kepada RFEF, Rabu (16/10/2019) pagi waktu lokal untuk memindahkan El Clasico dengan pertimbangan keamanan setelah protes politik dan kekacauan yang terjadi di seluruh Catalonia, Selasa (15/10/2019).

Pertandingan El Clasio pertama La Liga 2019/2020 akan berlangsung pada 26 Oktober di Camp Nou, Barcelona. Namun, La Liga meminta Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) untuk membalikkan pertandingan. Pertemuan kedua musim ini akan berlangsung di Madrid pada bulan Maret.

"Kami telah meminta komite kompetisi RFEF untuk bertemu dan mengubah lokasi El Clasico ke Madrid karena keadaan luar biasa di luar kendali kami," kata juru bicara La Liga.

Namun, Barcelona ingin pertandingan tetap dimainkan di Camp Nou, sementara Real Madrid berpendapat bahwa jika ada risiko keamanan seperti itu maka pertandingan harus ditunda seluruhnya daripada hanya dipindahkan.

Permintaan La Liga datang agak tiba-tiba, dengan semua pihak yang terlibat dalam pertandingan terkejut dengan berita itu, meskipun Los Blancos prihatin dengan situasi politik yang sudah berisiko tinggi.

Real Madrid percaya bahwa jadwal pertandingan yang ditetapkan pada Juni harus dipatuhi untuk menghindari mengubah keadilan kompetisi, dan hanya akan mendukung penundaan pertandingan. Kedua klub memiliki waktu hingga Senin (21/10/2019) untuk mengajukan kasus mereka untuk menolak pergantian.

Kemungkinan penundaan kemudian akan memaksa pertandingan dimainkan pada tanggal pertengahan minggu, sesuatu yang tidak akan disukai oleh televisi.

Pengumuman hukuman penjara memicu protes massa di seluruh wilayah, dengan kekacauan di bandara El Prat, Barcelona, yang mengarah ke pembatalan puluhan penerbangan serta bentrokan antara polisi dan pengunjuk rasa.

Lebih dari 40.000 orang turun ke jalan, dan dikabarkan ada 125 orang luka-luka, namun pihak berwenang mengatakan tidak ada yang terluka yang serius.

Polisi setempat mengonfirmasi 30 penangkapan dilakukan di seluruh Catalonia, dengan 43 petugas terluka selama demonstrasi.

Pada Senin (14/10/2019), Barca merilis pernyataan berjudul "Penjara bukan solusi" mengutuk hukuman, sementara pelatih Spanyol Manchester City, Pep Guardiola, juga berbicara menentang hukuman penjara dalam sebuah video yang dirilis di media sosial oleh kelompok Tsunami Demokratic.

Protes berlanjut sepanjang Rabu, dengan jaringan kereta api berkecepatan tinggi di negara itu mengalami penundaan, sementara jalan raya di seluruh Catalonia dan banyak jalan utama Barcelona tetap ditutup.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8938 seconds (0.1#10.140)