La Nyalla Menarik Diri dari Kongres PSSI 2 November

Sabtu, 26 Oktober 2019 - 17:00 WIB
La Nyalla Menarik Diri dari Kongres PSSI 2 November
La Nyalla Menarik Diri dari Kongres PSSI 2 November
A A A
JAKARTA - Calon Ketua Umum PSSI La Nyalla Mattalitti menyatakan menarik diri dan tidak mau terlibat dalam Kongres PSSI yang akan digelar pada 2 November 2019. Ia menilai kongres tersebut 'not clear'.

Keputusan tersebut diambil setelah PSSI memajukan kongres yang semula rencananya digelar 25 Januari 2020 menjadi 2 November 2019. Kata La Nyalla, kongres seharusnya tidak digeser karena ditentukan berdasarkan keputusan bersama FIFA dan AFC.

"Tapi tiba-tiba Exco PSSI memajukan jadwal menjadi 2 November. Tanpa alasan yang mendesak. Akibatnya, jadwal kerja komite pemilihan yang sudah ditetapkan enam bulan, menjadi empat bulan. Dan yang lebih penting, delegasi atau voters Kongres diambil dari hasil kompetisi 2018, bukan klub sekarang yang sedang berkeringat menyelesaikan kompetisi. Ini kan tidak fair," kata La Nyalla dalam keterangan yang diperoleh SINDOnews.

Bagi La Nyalla persoalan ini serius. Sebab, seperti halnya sepak bola, kickoff sangat krusial bagi kualitas pertandingan. Perubahan maju atau mundur jadwal kongres PSSI dianggap sama buruknya dengan itu.

"Bagi saya hal ini ibarat PSSI menampar FIFA. Sebab, pengajuan jadwal Kongres itu direspons FIFA melalui suratnya tanggal 7 Agustus 2019, yang isinya menyarankan agar PSSI tetap menggelar kongres di bulan Januari 2020. Itulah mengapa saya tidak mau terlibat lagi di Kongres 2 November. Silakan saja jalan sendiri," kata pria yang sekarang menjabat Ketua DPD RI.

Hari ini sejumlah media mewartakan bahwa calon ketua umum PSSI La Nyalla mengundurkan diri dari calon ketua umum PSSI. Atas hal tersebut, Lanyalla menjelaskan bahwa dirinya sama sekali tidak pernah mengatakan mundur dari pencalonan, akan tetapi dia tidak menerima perubahan jadwal kongres.

"Yang saya katakan saya menarik diri dari Kongres 2 November. Sebab, setahu saya Kongres yang clear adalah 25 Januari 2020," katanya, Sabtu (26/10/2019).

Komite Pemilihan PSSI Tunggu Surat Resmi dari La Nyalla
Menanggapi kabar tersebut, Ketua Komite Pemilihan (KP) PSSI, Syarif Bastaman, mengaku belum menerima surat resmi dari La Nyalla. Syarif mengatakan, tidak ada larangan bagi calon yang memutuskan mundur di tengah timeline menuju Kongres Pemilihan Ketua Umum PSSI.

"Secara resmi, secara normatif, saya harus menerima surat pengunduran diri dari calon kalau memang yang bersangkutan mengundurkan diri," kata Syarif ketika dihubungi.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7040 seconds (0.1#10.140)