10 Statistik Novak Djokovic vs Dominic Thiem Jelang Final

Minggu, 02 Februari 2020 - 10:41 WIB
10 Statistik Novak Djokovic vs Dominic Thiem Jelang Final
10 Statistik Novak Djokovic vs Dominic Thiem Jelang Final
A A A
MELBOURNE - Sore ini, Novak Djokovic dan Dominic Thiem akan bertempur untuk meraih trofi Grand Slam Australia Terbuka 2020. Pertandingan itu merupakan duel klasik antara juara bertahan Djokovic, juara tujuh kali, dan penantang kuat Thiem. Bagaimana peluang keduanya? Berikut 10 statistik yang harus diperhatikan sebelum final di dalam Rod Laver Arena.

1) Servis Thiem telah dipatahkan sembilan kali dalam dua pertandingan terakhirnya, sementara Djokovic hanya kehilangan tiga servis sejak babak kedua setelah dipatahkan empat kali oleh pemain Jerman Jan-Lennard Struff di babak pertama. Unggulan kedua itu telah menyelamatkan 11 dari 18 break point, sementara Thiem yang mengejar gelar Grand Slam pertamanya, melakukan 13 kali break-point dalam turnamen dari 44 peluang.

2) Djokovic memiliki sejarah di sisinya di Melbourne Park. Dia memenangkan 15 pertandingannya setelah mencapai semifinal di Grand Slam pertama musim ini, dengan 12 pertandingan itu terjadi melawan lawan-lawan petenis Top 5. Dalam 15 pertandingan itu, ia hanya kalah 10 set.

3) Thiem dikenal karena kontroversinya, dengan 287 pemenang dalam dua minggu ini, Djokovic telah memainkan tenis yang lebih bersih

4) Djokovic telah menjadi ritme servis semua turnamen, 37 persen servisnya tidak bisa dikembalikan, sementara juga melakukan 70 aces. Hanya 30 persen dari servis Thiem yang tidak bisa dikembalikan, dan ia telah melepaskan 57 aces.

5) Thiem hanya memenangi empat dari 12 tie-break pertama dalam karirnya di Australia Terbuka. Tetapi melawan Rafael Nadal dan Alexander Zverev, ia memenangi semua lima break-break yang ia mainkan untuk maju ke final Grand Slam di lapangan keras pertamanya. Djokovic membuat 23-14 dalam tie-break di acara ini, dan 3-0 tahun ini.

6) Sejak babak pertama, ketika ia memenangkan hanya 50 persen dari poin awal melawan Struff, Djokovic telah memenangkan 56,7 persen dari poin awal, dan tidak kurang dari 53 persen dalam pertandingan. Thiem, yang telah memenangkan 53,5 persen dari poin awal, hanya memenangkan 48,5 persen gabungan selama dua pertandingan terakhirnya melawan Nadal dan Zverev, termasuk 46,8 persen melawan Zverev di semifinal.

7) Rentang keunggulan 0-4 secara konsisten membuktikan kunci dalam pertandingan, dan Djokovic telah mendominasi selama Australia Terbuka ini. Petenis Serbia itu telah memenangkan 57,3 persen poin tersebut dan Thiem mencatat 53,6. Djokovic bahkan memenangkan kategori ini melawan Roger Federer, yang dikenal karena servis dan pukulan pertamanya.

8) Walaupun mereka berdua telah melakukan lebih baik dalam aksi sembilan atau lebih pukulan daripada poin yang lebih pendek, di situlah Thiem menemukan keberhasilannya yang paling besar. Unggulan kelima telah memenangkan 62,3 persen poin yang mengejutkan, bertahan sembilan pukulan atau lebih dari 61,4 persen milik Djokovic. Namun, Thiem kehilangan lebih banyak poin dalam kategori itu melawan Zverev (22) di semifinal mereka daripada yang dia lakukan melawan Gael Monfils (4) dan Rafael Nadal (12) yang digabungkan masing-masing di babak keempat dan perempat final.

9) Baik Djokovic dan Thiem sangat sukses akhir-akhir ini ketika bermain di depan net. Djokovic telah memenangkan 21 dari 23 poin bersih dalam dua pertandingan terakhir, sementara Thiem berhasil dalam 23 dari 27 permainan di depan net melawan Zverev dalam empat pertandingan terakhir.

10) Empat dari 10 juara Australia Terbuka telah memainkan semifinal pertama, sementara enam lainnya memainkan semifinal hari berikutnya. Djokovic mengalahkan juara enam kali Federer pada Kamis, dan Thiem menggulingkan titel Final ATP 2018 Zverev pada Jumat
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0784 seconds (0.1#10.140)