Claressa Shields The Next Floyd Mayweather Jr Guncang Tinju Dunia

Senin, 09 Maret 2020 - 09:13 WIB
Claressa Shields The Next Floyd Mayweather Jr Guncang Tinju Dunia
Claressa Shields The Next Floyd Mayweather Jr Guncang Tinju Dunia
A A A
Sosok juara dunia tiga divisi Claressa Shields yang mengguncang ring tinju dunia disebut-sebut The Next Floyd Mayweather Jr. karena prestasi dan sisi lain kehidupannya di luar ring. Siapa Claressa Shield hingga dia disejajarkan dengan Mayweather Jr.? Hanya dalam 10 pertandingan pro, Shields telah menjadi petinju tercepat - pria atau wanita - untuk memenangkan gelar dunia dalam tiga divisi, lebih baik dari petinju dunia lainnya seperti Vasiliy Lomachenko, yang mencapai prestasi tersebut dalam pertarungan pro ke-12.

Claressa Shields The Next Floyd Mayweather Jr Guncang Tinju Dunia


Shields yang berusia 24 tahun dengan mudah mengungguli Ivana Habazin asal Kroasia untuk menambahkan sabuk juara Kelas Menengah Ringan WBC dan WBO ke mahkota Kelas menengah yang tak terbantahkan. Kepribadian karismatik Shields yang tak terkalahkan, kecakapan memainkan pertunjukan yang menggemparkan di atas ring mambuatnya disamakan dengan Floyd Mayweather Jr.

Seperti Mayweather, Shields lahir di Michigan. Mayweather dibesarkan di Grand Rapids sementara Shields tumbuh di Flint. Pada bulan Februari, Shields termasuk di antara enam wanita yang mendapat kehormatan dengan dibuatkan sebuah patung di Flint - bagian dari proyek berjudul, 'Menghormati Pahlawan dan Kemanusiaan - Wanita yang Berkontribusi pada Kehidupan yang Lebih Baik untuk Semua di Komunitas Ini.'

"Aku kewalahan," kata Shields. "Saya bermimpi tentang mencapai hal-hal tertentu dalam hidup saya, tetapi beberapa hal terjadi pada saya yang belum saya impikan. Saya merasa terhormat diakui dengan patung di Flint. Saya akan menerima pengakuan ini dan menaikkan Flint lebih tinggi,"tuturnya.

Shields telah menempuh perjalanan yang jauh untuk mencapai puncak karir tinju wanita kelas atas. Bila ayah Mayweather adalah pengedar narkoba kecil-kecilan, ibu Shields bergulat dengan alkohol. Shields sering berkelahi di sekolah sehingga, baginya, seperti banyak petarung lainnya sepanjang sejarah, tinju adalah cara konstruktif untuk menyalurkan amarahnya.

Claressa Shields The Next Floyd Mayweather Jr Guncang Tinju Dunia


Claressa Shields menyebut dirinya sebagai GWOAT dalam karirnya.

Tetapi awal kehidupan Shields yang bermasalah tidak menghentikannya untuk menjadi orang hebat. Dia selalu menjadi orang yang sangat percaya pada kekuatan berpikir positif dan mengucapkan hal-hal menjadi ada. "Saya menyebut diri saya sendiri GWOAT. Saya telah mewujudkannya sepanjang karier saya," kata Shields.

’’Sekarang, saya telah membuat sejarah - di Olimpiade dengan dua medali emas dan dalam pro dengan gelar dunia dalam tiga divisi hanya dalam 10 pertarungan - sejarah yang belum pernah dibuat pria atau wanita.’’

’’Apa pun yang saya pikir bisa saya lakukan, saya bisa melakukannya. Dengan doa dan kerja keras, saya telah mencapai segalanya sejauh ini dan akan terus melakukannya."

Mirip dengan era Mayweather, ada beberapa ancaman terhadap dominasi Shields. Sementara ia menguasai juara kelas menengah (72,5kg) tak terbantahkan dan juara kelas menengah ringan (69,8kg), Cecilia Braekhus adalah juara kelas welter (66,6kg) yang tak terbantahkan.

Ketika ditanya pendapatnya tentang negosiasi di kelas 68kg untuk membuka jalan bertarung dengan Braekhus, respons Shields cepat dan tegas. "Saya bisa duel di kelas 68kg tetapi, sebelum saya bahkan mempertimbangkan untuk melakukan itu, saya ingin memiliki tanda tangannya di atas kertas terlebih dahulu. Tidak ada yang menetapkan batas hidrasi pada saya, yang saya tahu dia akan coba lakukan,’’jelasnya. "Aku tidak ingin sabuk juara Cecilia, aku ingin hatinya. Di atas ring, aku sangat kompetitif dan aku ingin menghancurkannya."

Tapi perdebatan online baru-baru ini yang melibatkan Shields telah mengantarkan persaingan tak terduga dari era lampau. Di akun Instagram-nya, Shields dengan anehnya menyambut kemungkinan perkelahian dengan mantan juara yang sudah pensiun, Laila Ali.

Selain gaji tertinggi dalam karir untuk Shields, sulit untuk melihat apa yang akan dia dapatkan dari bertarung dengan Ali. "Saya melihatnya sebagai kelanjutan dari obor atau mungkin saya mengambil obor," katanya.

"Laila adalah petarung yang baik di zamannya. Gajian tidak pernah buruk, tapi aku melihatnya berjalan seperti semua pertarungan saya yang lain - berhenti atau KO. Bahkan di masa jayanya, aku akan bisa mengalahkannya."

Selain Ali, jika Shields ikut serta dalam "pertarungan fantasi" dengan seorang pejuang wanita dari era yang berbeda, dia mengatakan dia akan mencocokkan dirinya dengan mantan juara dunia tiga divisi dan hall of famer, Anne Wolfe, yang secara luas dianggap sebagai petarung terhebat dalam sejarah tinju wanita.

"Saya akan memilih pertarungan dengan Wolfe karena dia memiliki semua yang saya miliki - keterampilan, kekuatan, dan kecepatan," kata Shields.

Tidak mengherankan, Shields percaya dia akan mengangkat tangannya dalam kemenangan di akhir pertarungan. "Saya pikir pertarungan akan menjadi kemenangan bagi saya. Saya harus pintar di babak awal, memakainya untuk tubuh di putaran tengah dan memiliki pukulan keras dan kombinasi untuk mengakhirinya."

Shields hanya pernah merasakan kekalahan sekali - di peringkat amatir. Ironisnya, itu adalah di tangan seorang petinju yang akan melanjutkan untuk memulai karir profesionalnya dengan Mayweather Promotions.

Shields baru berusia 17 tahun ketika Savannah Marshall memberinya kekalahan pertamanya dan satu-satunya, yang terjadi pada Kejuaraan Dunia 2012 di China. Seberapa pentingkah bagi Shields untuk membalas kekalahan itu?

"Saya ingin membalas kekalahan itu, tetapi itu bukan motivasi saya. Saya berlatih setiap hari hanya untuk menjadi petarung yang lebih baik - untuk tumbuh secara mental dan fisik," kata Shields.

"Jadi, aku ingin sekali menghancurkannya tetapi, jika aku tidak pernah mendapat kesempatan untuk melakukannya, aku akan tetap mati bahagia dengan semua yang telah aku capai."

Shields sebelumnya menyatakan bahwa ambisi utamanya adalah "menjadi bagian sejarah sebagai salah satu petarung wanita terbaik, untuk berada di daftar pound-for-pound dan untuk bertarung pada pay-per-view."

Tapi Shields berjuang untuk lebih dari sekadar supremasi tinju saja. Di luar ring, dia adalah duta besar untuk upah dan kesempatan yang sama dalam tinju wanita. "Bayaran yang sama, kesempatan yang sama, dan promosi yang sama adalah penting untuk tinju wanita," kata Shields.

"Wanita harus diizinkan untuk bertarung dalam putaran tiga menit dan diberi kesempatan untuk membangun diri mereka sendiri, dipromosikan dan dipasarkan seperti halnya pria.

"Tinju juga harus memiliki setidaknya satu pertarungan wanita di setiap partai tinju. Petinju wanita harus lebih sering tampil di televisi, tidak hanya di mana seorang wanita menjadi headlining sebuah pertarungan, tetapi juga pada partai pertandingan terbesar di bawah laga - termasuk pay-per-view."

Claressa Shields The Next Floyd Mayweather Jr Guncang Tinju Dunia


Claressa Shields memiliki cerita dan karir mirip seperti Floyd Mayweather Jr.

Shields mengatakan dia memiliki rencana untuk melompat ke ring lain pada akhir tahun atau awal tahun 2021. Dia memiliki penantang juara kelas bantam dan kelas bulu wanita UFC, Amanda Nunes, tepat di hadapannya.

Sementara Mayweather mengemas juara dunia dua-berat UFC Conor McGregor dalam pertarungan crossover di akhir karirnya, Shields dengan cepat mendekati puncak karir tinju-nya - waktu yang berisiko untuk benar-benar terjun ke olahraga pertarungan yang sama sekali berbeda.

Tapi Shields, seperti Mayweather, adalah berani mengambil risiko yang sudah diperhitungkan. "Saya hanya ingin menjadi atlet dan juara pertarungan dua olahraga," kata Shields.

"Aku suka bertarung, jadi mengapa tidak mencobanya? Aku suka menantang diriku sendiri. Aku akan bersiap untuk MMA sekeras aku mempersiapkan tinju."

Mengomentari hubungan Michigan yang dia bagikan dengan Mayweather, Shields bangga. "Floyd adalah penggemar dan pendukung saya. Dia sangat menghormati saya karena saya adalah dia," katanya.

"Setiap kali dia melihat saya, dia memberi tahu saya bahwa saya melakukan pekerjaan dengan baik, dia mengatakan dia melihat apa yang saya lakukan dan mengatakan saya harus mempertahankannya. Saya bangga akan hal itu. Kami berdua dari Michigan dan kami keduanya hebat. "
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7346 seconds (0.1#10.140)