Jelang Timnas U-19 Indonesia vs Bulgaria; Latihan Unik ala Shin Tae-yong

Sabtu, 05 September 2020 - 14:05 WIB
loading...
Jelang Timnas U-19 Indonesia vs Bulgaria; Latihan Unik ala Shin Tae-yong
Ujian pertama pasukan Shin Tae-yong, Timnas U-19 menjajal Bulgaria yang memiliki postur besar dan tinggi/Foto/PSSI
A A A
SVETI MARTIN NA MURI - Tim nasional (timnas) Indonesia U-19 menghadapi ujian sulit di International U-19 Friendly Tournament 2020, Sabtu (5/9/2020) waktu 20.00 WIB. Pasukan Shin Tae-yong menjajal timnas U-19 Bulgaria yang memiliki postur besar dan tinggi.

Berlaga di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Kroasia, Shin Tae-yong berharap pasukannya dapat belajar dari uji coba yang dilakoni. ( ).

Timnas U-19 menjalani pemusatan latihan di Kroasia sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-19 pada 14-31 Oktober mendatang di Uzbekistan. Selain itu, untuk persiapan tampil di Piala Dunia U-20 2021, dimana Indonesia menjadi tuan rumah ajang ini.

Shin Tae-yong, mantan pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu menyebut Bulgaria tim kuat dengan postur tubuh besar dan tinggi. Mereka juga dalam top level sehingga akan sulit bagi timnas Garuda Muda melawan mereka.

"Secara fisik juga staminanya bagus. Pertandingan nanti tidak mudah " kata Shin Tae-yong. "Tapi, kami harus membentuk mental dan intinya tim ini masih berproses." ( ).

Timnas U-19 tidak ditargetkan menang, tapi Beckham Putera dkk diharapkan bisa mengembangkan permainan dan taktik yang sudah diajarkan dalam latihan.

Shin Tae-yong juga meminta masyarakat Indonesia untuk mencintai timnasnya yang sedang dalam proses pembentukan. Jadi, jika hasilnya mengecewakan di uji coba, jangan dijatuhkan mentalnya.

"Tolong dapat dipahami dan dimengerti karena tujuan sebenarnya membangun tim untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021," katanya. "Perlu dipahami proses yang harus dilewati. Jika melawan tim kuat dalam uji coba, maka pemain akan semkain percya diri." ( ).

Secara fisik atau stamina pemain Indonesia masih harus ditingkatkan dan itu bisa diatasi dengan latihan latihan fisik dalam intensitas yang tinggi.

Uniknya, Shin Tae-yong menerakan latihan dengan mengggunakan satu kaus kaki berbeda di salah satu kaki yang dinilai lemah. Menurutnya, metrode itu pernah dia terpakan di timnas muda Korea Selatan.

"Waktu itu saya bawa timnas muda Korea ke Inggris, dan saya lihat tim Inggris melakukan metode ini. Saya coba terapkan pengalaman itu kepada pemain Indonesia agar mereka bisa meningkatkan sisi kaki mereka yang lemah."
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2619 seconds (0.1#10.140)