Ketergantungan Promotor pada Sponsor Bikin Tinju Profesional Indonesia Mati Suri

Selasa, 29 September 2020 - 08:02 WIB
loading...
Ketergantungan Promotor pada Sponsor Bikin Tinju Profesional Indonesia Mati Suri
Bisnis tinju profesional Indonesia tampaknya sudah tak lagi dilirik oleh para sponsor. Ini disebabkan lantaran para promotor di Tanah Air yang tidak punya kemampuan untuk menggelar pertarungan / Foto: print screen Podcast Vs Indonesia
A A A
JAKARTA - Bisnis tinju profesional Indonesia tampaknya sudah tak lagi dilirik oleh para sponsor. Ini disebabkan lantaran para promotor di Tanah Air yang tidak punya kemampuan untuk menggelar pertarungan dan mereka sangat bergantung dengan adanya dukungan sponsor.

Akibatnya, petinju yang memiliki kualitas tidak bisa beradu jotos menunjukkan kemampuannya. Mereka hanya rajin berlatih tapi miskin pertarungan.

Pemandangan inilah yang menjadi pembahasan menarik saat Komisi Tinju Profesional Indonesia (KTPI), Tommy Halauwet berbicara dalam podcast V’s Boxing Indonesia di bawah promotor tinju Internasional, Milasari Kusumo Anggraini, dengan host Ary Sudarsono, dengan tema 'Peran KTPI Mengawasi Tinju Profesional Indonesia', Senin (28/9/2020).

Ary Sudarsono menyinggung mengenai bisnis tinju profesional Indonesia yang mulai sepi. Dikatakannya, ketika tinju profesional di Tanah Air masih punya panggung di tahun 1990-an, para sponsor berdatangan. Ini disebabkan lantaran rating setiap pertarungan mampu mengalahkan sinetron. (Baca juga: Jelang Duel Lawan Justin Gaethje, Khabib Nurmagomedov Rajin Berlatih Hilangkan Depresi )

Kini kondisinya tak sama. Orang tak lagi menonton tinju, baik melalui televisi maupun datang langsung ke arena, meski semua itu gratis. Sponsor menarik diri. Stasiun televisi mengambil langkah mundur dan menghentikan tayangan tinju profesional.

"Memang betul, sebelum Covid-19 memang pertandingan tinju profesional kita terutama di televisi yang ada selama ini jauh menurun. Pertama, masalah sponsor. Kedua, promotor kita banyak, tapi kemampuan untuk menggelar pertandingan keliatannya sangat bergantung dengan adanya dukungan sponsor. Sebelumnya, ada beberapa promotor yang berani dengan tidak tergantung dengan sponsor," ungkap Tommy.

"Komisi tinju tidak bisa melakukan apa-apa kalau promotor tidak aktif untuk melakukan suatu pertandingan. Komisi tinju hanya sebagai komisi yang membantu promotor untuk menjalankan pertandingan itu sesuai aturan main, termasuk legal aspek."

Tak hanya tentang siaran tinju di televisi dan keberanian promotor tanpa bergantung pada sponsor. Ada satu poin menarik ketika Tommy berpesan pada petinju untuk tidak melibatkan keluarga dalam memulai kariernya sebagai petinju profesional. (Baca juga: Soal Duel vs Pacquiao, McGregor: Tinju Saja, Tapi Dana White Masih Bungkam )

"Dalam peraturan seharusnya petinju jangan mau dilatih sama keluarganya. Kasihan petinjunya yang tadinya cukup punya kualitas, matinya, mati muda," pungkas Tommy.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)