Pemakaman Maradona, Puluhan Luka, 13 Orang Diamankan Aparat

Jum'at, 27 November 2020 - 18:40 WIB
loading...
Pemakaman Maradona, Puluhan Luka, 13 Orang Diamankan Aparat
Antusiasme penggemar melepas kepergian Diego Armando Maradona ke peristirahatan terakhir./foto/reuters
A A A
BUENOS AIRES - Penghormatan terakir kepada mendiang Diego Armando Maradona di rumah duka yang didirikan di Casa Rosada di Buenos Aires menyebabkan kekacauan luar biasa. Puluhan orang mengalami luka-luka termasuk petugas keamanan danjuru foto dari televisi internasional.

Seperti ditulis surat kabar Clarin, dikutip corrieredellosport, korban luka berasal dari warga yang berpartisipasi dalam protes karena tidak dapat mencapai rumah duka tempat peti mati Pibe de Oro disemayamkan, belasan aparat kepolisian yang bertugas menjaga keamanan dan juru kamera TV 'Canal 9', yang kepalanya dilempar batu oleh seorang demonstran tak dikenal. Demi mengendalikan situasi, aparat keamanan bertindak tegas dengan mengamankan 13 orang dalam ketegangan tersebut.

Ketegangan, yang sangat intens kemarin sore dalam radius satu kilometer dari Plaza de Mayo yang bersejarah akhirnya mereda ketika peti mati pemain yang pernah memperkuat Barcelona dan Napoli itu meninggalkan gedung kepresidenan menuju pemakaman Jardin de Bella Vista yang menjadi tempat istirahat terkhir legendaris timnas Argentina tersebut. (Baca Juga: Maradona dibungkus dengan bendera nasional Argentina serta jersey dengan nomor punggung 10. Mereka inginmemberikan penghormatan bergabung dengan antrean yang mengular. Padahal, antrean pertama baru diizinkan memasuki gedung pada pukul 06.00 waktu setempat. (Lihat foto-foto: Proyeksi Cahaya Bergambar Maradona Hiasi Monumen Obelisco di Buenos Aires)

Keluarga sempat menjadwalkan pemberian penghormatan terakhir ini selama 10 jam. Maradona dimakamkan di samping orang tuanya Dalma dan Diego senior di Pemakaman Jardin de Paz di ibu kota Buenos Aires. Sekelompok kecil keluarga dan teman-teman membawa peti jenazahnya dengan bendera Argentina digantung di pemakaman.Jenazah Maradona terbaring di peti mati kayu dengan bendera nasional biru dan putih serta kaus sepak bola Argentina dengan nomor terkenal 10. Itu adalah bagian dari julukannya "D10S" - plesetan dari "dios", kata Spanyol untuk Tuhan. (Baca juga: Mengenal Henti Jantung yang Dialami Mendiang Diego Maradona)

Demi menghormati kepergian Maradona, Presiden Argentina, menetapkan masa berkabung nasional selama tiga hari. Bagi Argentina, Maradona adalah sosok yang sangat hebat untuk untuk negaranya. Fernandez menjadi salah satu orang yang paling merasa kehilangan Maradona. Menurutnya, takkan ada lagi sosok yang mampu menyamai atau mirip dengan Maradona di kemudian hari.
(ruf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)