Terdampak Wabah Corona, Big Three Bantu Financial Petenis Papan Bawah

Senin, 20 April 2020 - 10:45 WIB
loading...
Terdampak Wabah Corona, Big Three Bantu Financial Petenis Papan Bawah
Roger Federer, Rafael Nadal, dan Novak Djokovic atau biasa disebut Big Three sepakat untuk memberikan bantuan finansial sebagai bentuk solidaritas. Foto/ATP Tour
A A A
MARBELLA - Kesulitan keuangan yang dialami atlet peringkat rendah membuat tiga petenis papan atas dunia, tergerak untuk membantu. Roger Federer, Rafael Nadal, dan Novak Djokovic atau biasa disebut Big Three sepakat untuk memberikan bantuan finansial sebagai bentuk solidaritas.

Pandemi virus corona menjadi pukulan telak bagi dunia tenis profesional. Sejumlah turnamen mulai dari level bawah hingga major bahkan ajang Grand Slam dibatalkan sejak Maret lalu. Namun, bagi petenis papan atas, situasi ini sebenarnya tidak terlalu berpengaruh lantaran hanya tidak bermain di lapangan.

Namun situasi berbeda dihadapi petenis berperingkat rendah. Mereka sesungguhnya adalah yang paling menderita akibat krisis finansial lantaran hanya menggantuangkan hidup dari tampil di turnamen ke turnamen lainnya. Tanpa dukungan sponsor, kesulitan finansial menjadi masalah utama.

Situasi ini mengundang perhatian petenis peringkat 1 dunia Novak Djokovic. Dia mengaku sudah berdiskusi dengan anggota Dewan Pemain lainnya Roger Federer dan Rafa Nadal terkait cara-cara untuk membantu para pemain berperingkat rendah menghadapi kesulitan keuangan di tengah wabah virus corona.

Djokovic menyatakan langkah-langkah akan diambil untuk memastikan hanya pemain paling berhak yang akan menerima manfaat dari setiap rencana bantuan.

“Saya berbicara dengan Roger dan Rafa beberapa hari yang lalu dan kami berbicara tentang tenis dalam waktu dekat. Bagaimana kami dapat berkontribusi untuk membantu petenis berpangkat rendah yang jelas-jelas paling terdampak dengan penghentian turnamen,” jelas Djokovic dilansir reuters.

Petenis asal Serbia itu mengungkapkan, mayoritas pemain dengan peringkat antara 250 ke atas tidak mendapatkan dukungan dari federasi maupun sponsor. Mereka umumnya berjuang dari satu turnamen ke turnamen lainnya secara independen menggunakan anggaran pribadi.

Situasi ini menjadi masalah lantaran musim 2020 dihentikan sejak awal Maret lalu. Petenis peringkat bawah yang hanya mengandalkan uang hadiah turnamen otomatis tidak mendapat pemasukan dan berdampak pada kondisi finansial mereka.

Hal ini membuat pemain peringkat 100 besar dunia dan pemangku kepentingan tenis mulai dari ATP, WTA, ITF dan penyelenggara empat Grand Slam menyusun rencana untuk memberikan bantuan.

“Semoga para pemain lain juga berkontribusi secara kolektif pada dana bantuan yang ATP (dan lainnya). Anda ingin menghindari memberikan uang kepada pemain yang masuk dalam kategori ini (peringkat rendah) tetap mereka membutuhkannya. Mudah-mudahan antara ada 4,5 juta dollar yang bisa dibagikan kepada pemain yang berperingkat lebih rendah,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2047 seconds (0.1#10.140)