60 Tahun Kiprah Yamaha di Balapan Grand Prix Dunia

Selasa, 29 Juni 2021 - 04:02 WIB
loading...
60 Tahun Kiprah Yamaha di Balapan Grand Prix Dunia
Tahun ini sejarah mencatat 60 tahun Yamaha berkiprah di kejuaraan grand prix dunia. Motorsport telah menjadi bagian penting budaya perusahaan Yamaha sejak berdiri pada 1 Juli 1955 / Foto: Yamaha
A A A
JAKARTA - Tahun ini sejarah mencatat 60 tahun Yamaha berkiprah di kejuaraan grand prix dunia. Motorsport telah menjadi bagian penting budaya perusahaan Yamaha sejak berdiri pada 1 Juli 1955.

Fakta menyebut pertama kali motor Yamaha bertarung di lintasan balapan, setelah 10 hari berdiri dengan motor YA-1 yang hadir di perhelatan ketiga Mount Fuji Ascent Race pada 10 Juli 1955. Ini adalah perwujudan pentingnya motorsport sebagai kesempatan berharga untuk mendemonstrasikan keunggulan produk Yamaha di hadapan publik.

BACA JUGA: Rajai GP Belanda, Fabio Quartararo Rebut Kemenangan ke-4 di MotoGP 2021

YA-1 yang saat itu baru saja diluncurkan, tampil mendominasi dan meraih kemenangan dalam debut balapan Yamaha. Hal ini pun menjadi langkah awal utama sebagai pabrikan motor. Terinspirasi petuah presiden pertama Yamaha Motor, Genichi Kawakami, yakni "Jika kamu akan melakukannya, cobalah menjadi yang terbaik", memacu Yamaha untuk menjangkau dunia dengan Spirit of Challenge (semangat menghadapi tantangan).

Setelah menjalani debut balapan dunia di Catalina GP di Amerika Serikat tahun 1958, langkah selanjutnya berkompetisi perdana di Road Racing World Championship Grand Prix, yakni di Grand Prix Perancis, Mei 1961. Dua tahun sesudahnya di 1963, Fumio Ito meraih kemenangan GP pertama untuk Yamaha di Grand Prix Belgia, menggunakan RD56 di kelas 250cc.

BACA JUGA: Kepergian Vinales dari Yamaha Tak Ganggu Keputusan Rossi

Lalu tahun berikutnya gelar juara untuk pembalap dan konstruktur diraih Yamaha untuk pertama kalinya lewat Phil Read di kelas 250cc. Antara tahun 1963 hingga 2020 Yamaha telah mengoleksi total 511 kemenangan.

"Yamaha Indonesia menyambut dengan bangga perjalanan 60 tahun Yamaha di balapan motor Grand Prix dunia. Motorsport sebagai DNA Yamaha, telah menginspirasi banyak kemenangan balapan yang dihasilkan dan hadirnya produk-produk sport unggulan, termasuk di Indonesia sendiri. Banyaknya penggemar Yamaha di seluruh dunia dan di Tanah Air pun ikut muncul karena kecintaan terhadap motorsport Yamaha. Sampai saat ini Yamaha selalu dikenal karena keunggulannya dalam persaingan di pentas balapan dunia,” ungkap Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Tidak hanya kemenangan saja, sebagai peserta balapan Grand Prix, Yamaha aktif mendukung, menjaga, dan mendorong budaya motorsport. Dimulai dari pembalap-pembalap Grand Prix, perhatian juga diarahkan pada para pembalap di seluruh dunia, memahami kebutuhan dan menciptakan teknologi untuk membantu menumbuhkan potensi mereka.

Yamaha juga mengembangkan banyak teknologi baru melalui racing, dan menjadikannya prioritas utama untuk mengambil hasilnya yang bermanfaat bagi model produksi, dan dengan cara ini juga menunjukkan luasnya tantangan di dunia balapan.

Pada bulan Februari 2021 Yamaha mengumumkan akan terus bersaing di MotoGP selama lima tahun lagi (2022–2026). Sebagai perusahaan, Yamaha tidak pernah puas dengan status quo. Keputusan ini mewakili komitmen untuk membuka jalan ke depan menuju masa depan yang fantastis melalui balap, didorong oleh Spirit of Challenge.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2005 seconds (0.1#10.140)