Sejarah, Kakak Beradik Peraih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020

Senin, 26 Juli 2021 - 15:12 WIB
loading...
Sejarah, Kakak Beradik Peraih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020
Kakak beradik judoka asal Jepang, Hifumi dan Uta Abe peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Foto: Twitter/@Judo
A A A
TOKYO - Olimpiade selalu melahirkan cerita menarik dalam sejarah olahraga. Tahun ini, di Olimpiade Tokyo 2020 , kakak beradik judoka asal Jepang, Hifumi Abe dan Uta Abe berhasil merebut medali emas.

Sepanjang sejarah, baru Hifumi dan Uta yang tercatat sebagai saudara kandung peraih medali emas di hari yang sama-- pada cabang olahraga yang sama. Torehan ini bukan cuma menandai tonggak baru dalam pesta olahraga dunia, tetapi juga mengharumkan nama Jepang sebagai tuan rumah.



Hifumi Abe (23) adalah atlet judo putra Jepang yang turun di kelas 66 kg pada Olimpiade Tokyo 2020. Sedangkan sang adik, Uta Abe (21) turun di kelas 52 kg putri judo.

Dikutip laman Olympics.com, Uta Abe berhasil sabet medali emas pada kelas 53 kg putri seusai mengalahkan Amandine Buchard (Prancis), pada Minggu (25/7/2021) waktu setempat. Selang beberapa menit, sang kakak, Hifumi Abe, juga berhasil meraih medali emas di final 66 kg putra setelah mengalahkan judoka asal Georgia Vazha Margvelashvii.

"Hari terbesar yang pernah ada untuk kami. Saya tidak pernah membayangkan bahwa kami, sebagai kakak-adik, bisa bersinar di panggung Olimpiade ini," kata Hifumi dikutip dari Olympics.

Bakat dua bersaudara ini sebetulnya sudah lama tercium. Pada 2018, keduanya juga berhasil merebut medali emas di Kejuaraan Dunia Judo yang berlangsung di Baku, Azerbaijan.

Sekadar informasi, dua medali emas dari Abe bersaudara membuat Jepang kini bersaing ketat melawan China dan Amerika Serikat di tiga besar daftar perolehan medali Olimpiade Tokyo 2020 . Saat berita ini diturunkan, Jepang duduk di peringkat ketiga dengan koleksi enam medali emas, satu perak, dan dua perunggu.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)