WBA Hapus Juara Interim, Solusinya Penantang Wajib atau Duel Eliminasi

Kamis, 26 Agustus 2021 - 19:17 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, WBA tetap di jalur dalam sumpah untuk membersihkan tindakannya. Badan sanksi—yang sebelum 14 Agustus dengan bangga mengakui juara “Super”, “Dunia”, “sementara” dan “Emas” semuanya dalam divisi berat tertentu—telah memerintahkan serangkaian pertarungan konsolidasi gelar selain sanksi dihapus dari pertarungan gelar sementara yang disetujui sebelumnya.

Pertandingan pertama yang merasakan efeknya adalah pertandingan kelas bantam antara Gary Antonio Russell dan Emmanuel Rodriguez, dengan pertandingan tanggal 14 Agustus diklasifikasi ulang sebagai perebutan gelar setelah sebelumnya mempertaruhkan gelar sementara yang kosong.

Ini menjadi poin yang diperdebatkan, karena pertarungan berakhir setelah hanya enam belas detik aksi karena benturan kepala. Pertarungan itu terjadi pada malam yang sama ketika Guillermo Rigondeaux dikeluarkan dari peraih gelar kelas bantam "Dunia" WBA saat memasuki ring dalam upaya untuk menantang peraih gelar WBO John Riel Casimero.
Rigondeaux menjatuhkan keputusan dua belas ronde, dengan gelar lamanya tetap kosong dan tanpa rencana untuk mengisi slot di masa mendatang karena Naoya Inoue (21-0, 18KO) adalah juara "Super" WBA yang diakui di kelas berat, bersama dengan memiliki gelar kelas bantam IBF.

Sementara para penantang sementara saat ini pada akhirnya akan pindah ke posisi penantang wajib nomor satu—dengan bobot seperti di mana salah satunya belum disebutkan—mereka tidak akan langsung tunduk pada aturan seputar batasan pertarungan. Proses itu akan ditinjau, karena WBA perlu menentukan mandat mana yang dapat ditegakkan — mungkin pada bobot di mana pertarungan gelar konsolidasi belum diperintahkan dan di mana beberapa juara tidak di depan pesaing nomor satu.

''Setelah ditunjuk sebagai Penantang Resmi, petinju dapat diizinkan untuk berpartisipasi dalam pertarungan lain dengan persetujuan dari Komite Kejuaraan sebelum tahapan sesuai dengan aturan WBA C.13 (“Batasan Pertandingan”) dan resolusi untuk kelas berat tertentu ,” catat Chavez.



Tidak ada rencana untuk menghapus gelar “'Emas” secara bertahap, meskipun klarifikasi telah diberikan tentang bagaimana itu harus diakui dan ditawarkan—khususnya dalam nada yang sama dengan gelar regional. Pemegang gelar Emas yang ada akan dihapus dari bagian kejuaraan dari peringkat saat ini dan sebagai gantinya terdaftar sebagai nomor dua di antara 15 pesaing Teratas

''Juara Emas yang berkuasa tidak akan terdaftar lagi 'di atas peringkat'; namun mereka akan menempati posisi peringkat mulai dari
peringkat Dunia bulanan berikutnya dan seterusnya,” jelas Chavez.

''Dia akan dinilai tepat di bawah mantan juara sementara, dan/atau penantang resmi. Juara Emas dapat diperintahkan untuk berpartisipasi dalam pertarungan eliminasi atau box-off atas kebijaksanaan Presiden dan Komite Kejuaraan, berdasarkan status divisi.

''Gold Champions dan juara regional, yang tidak diberi mandat untuk menantang Kejuaraan Dunia atau untuk berpartisipasi dalam pertarungan eliminasi oleh Komite Kejuaraan, dapat diizinkan untuk berpartisipasi dalam mempertahankan gelar, dengan persetujuan dari Komite Kejuaraan. Sebelum tahapan sesuai dengan aturan WBA C.13 (“Batasan Pertandingan”) dan resolusi untuk kelas tertentu. Komite Kejuaraan, bagaimanapun, masih dapat memerintahkan pertahanan wajib Kejuaraan Emas atau kejuaraan regional.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3528 seconds (0.1#10.140)