Naturalisasi Pesepak Bola Eropa untuk Timnas Indonesia

loading...
Naturalisasi Pesepak Bola Eropa untuk Timnas Indonesia
Elkan Baggott salah satu pemain naturalisasi yang memperkuat Timnas Indonesia. Foto: PSSI
JAKARTA - Naturalisasi pesepak bola eropa untuk timnas Indonesia menjadi sangat penting saat ini. Naturalisasi menjadi salah satu solusi jangka pendek untuk meningkatkan prestasi timnas Indonesia.

Naturalisasi menjadi salah satu cara jangka pendek setelah melihat perkembangan akademi dan kualitas Liga Indonesia sendiri. Naturalisasi bukanlah hal yang baru di dunia sepak bola.

Baca Juga: Starting Line Up Pemain Keturunan Indonesia yang Main Eropa: Dari Egy Maulana sampai Elkan Baggott

Misalnya timnas Jerman. Timnas Jerman menaturalisasi banyak warga imigran atau keturunan karena negara Jerman sendiri memang memiliki banyak warga imigran di dalamnya.



Contohnya adalah Mesut Oezil yang berasal dari Turki. Dan juga ada Jerome Boateng yang orang tuanya berasal dari Ghana. Contoh lain timnas yang banyak menggunakan warga keturunan imigran di dalamnya timnasnya adalah timnas Prancis.

Sebagai contoh Paul Pogba yang orang tuanya berasal dari Guinea. Juga ada Karim Benzema yang orang tuanya berasal dari Aljazair yang sudah lama tinggal di Prancis.

Mengapa naturalisasi penting untuk timnas sepak bola? Sebenarnya kita bisa melihat kondisi masing-masing negara dalam hal naturalisasi. Jika kondisi negaranya seperti Jerman dan Prancis, maka naturalisasi pemain-pemain keturunan dan imigran menjadi hal lumrah. Bahkan, naturalisasi bisa dibantu dengan mudah jika memang pemain tersebut dianggap penting bagi timnas Prancis atau Jerman.

Baca Juga: 8 Pemain Naturalisasi di Indonesia, Siapa Terbaik hingga Terburuk?

Nah, jika kita melihat prestasi dan kondisi sepak bola Indonesia, naturalisasi bisa menjadi solusi jangka pendek untuk mengakhir paceklik prestasi timnas sepak bola Indonesia. Prestasi internasional terakhir timnas Indonesia adalah SEA Games 1991. Artinya sudah 30 tahun kita tidak memiliki gelar di turnamen internasional.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top