8 Pemain Naturalisasi di Indonesia, Siapa Terbaik hingga Terburuk?

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 18:30 WIB
loading...
8 Pemain Naturalisasi di Indonesia, Siapa Terbaik hingga Terburuk?
8 Pemain Naturalisasi di Indonesia, Siapa Terbaik hingga Terburuk? Foto: Dok SINDOnews
A A A
BANDUNG - Kompetisi profesional membuat klub bergeliat mendatangkan pemain berkualitas; dari pemain asing, hingga pemain naturalisasi . Siapa terbaik hingga terburuk di antara mereka yang dinaturalisasi? Tentukan pilihanmu.

Persib Bandung merupakan salah satu klub yang gemar mendatangkan pemain asing dan naturalisasi. Khusus untuk pemain naturalisasi, Persib bahkan secara keseluruhan pernah memakai delapan pemain.


Di antara delapan pemain itu, beberapa di antaranya masih berkostum Persib. Pemain naturalisasi yang terakhir direkrut adalah Ezra Walian.

Yang menarik, dari delapan pemain naturalisasi itu tak semua menuai sukses. Bahkan, ada yang direkrut tapi tak pernah mencicipi pertandingan resmi. Siapa saja mereka?

8. Cristian Gonzales
Pemain yang sekarang memperkuat RANS Cilegon FC ini merupakan salah satu striker tajam di Indonesia. Ketika berkostum Persib, ketajaman Gonzales pun sangat diandalkan.

Ia bergabung ke Persib pada pertengahan musim kompetisi 2008/2009 dengan status pinjaman dari Persik Kediri. Namun, ia kemudian dipermanenkan 'Maung Bandung'.

Di musim itu, ia menorehkan catatan 28 gol, 14 di antaranya bersama Persik dan 14 lagi saat berkostum Persib. Meski tak mengantar Persib juara, saat itu Gonzales terhitung sukses karena jadi topskor besama Boaz Solossa dari Persipura Jayapura.

Masa bakti Gonzales berlangsung hingga akhir musim 2010/2011. Secara keseluruhan, ia mencatatkan 72 penampilan bersama Persib dan mengoleksi 41 gol di liga. Sedangkan di Piala Indonesia, ia bermain 13 kali dengan torehan 17 gol saat berkostum Persib.

Gonzales sendiri awalnya berstatus pemain asing ketika bergabung ke Persib. Namun, ia kemudian mendapat status WNI pada 1 November 2010 dan menciptakan sejarah sebagai pemain naturalisasi pertama Persib.

7. Sergio van Dijk
Pemain keturunan Belanda ini bergabung ke Persib pada 2013 ketika sudah berstatus WNI. Pada musim perdananya bermain di Indonesia bersama Persib, ia langsung mencuri perhatian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2370 seconds (0.1#10.140)