Wow! Perputaran Uang WSBK dan MotoGP di Sirkuit Mandalika Bisa Tembus Rp500 Miliar

Rabu, 20 Oktober 2021 - 02:05 WIB
loading...
Wow! Perputaran Uang WSBK dan MotoGP di Sirkuit Mandalika Bisa Tembus Rp500 Miliar
WSBK 2021 dan MotoGP 2022 rencananya akan berlangsung di Sirkuit Mandalika. Efek berganda dari gelaran ini bisa mencapai Rp 500 Miliar per satu event. Foto: MGPA
A A A
JAKARTA - World Superbike 2021 dan MotoGP 2022 rencananya akan berlangsung di Indonesia, di Sirkuit Mandalika , Nusa Tenggara Barat (NTB). Efek berganda (multiplier effect) dari gelaran ini bisa mencapai Rp 500 Miliar per satu event.



Hal itu diungkapkan Direktur Keuangan Strategi dan Manajemen Risiko PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) (ITDC) Nugdha Achadie dalam acara peluncuran logo di Jakarta.

Dua ajang balap motor terbesar di dunia akan digelar di sirkuit Mandalika. WSBK akan berlangsung pada 19-21 November 2021. Sedangkan MotoGP 2022, tepatnya GP Indonesia pada Maret tahun depan.

Nugdha mewakili pihak pengembang dan pengelola kawasan mengatakan, ajang-ajang ini bukan hanya untuk meningkatkan branding negara Indonesia. Namun juga dapat bermanfaat bagi warga sekitar Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kebermanfaatan itu dapat dirasakan dari segi nilai ekonomi dan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar. Dia memaparkan detail dari efek berganda ini yang menguntungkan bagi Indonesia.

“Kami percaya event balap motor yang akan berlangsung di The Mandalika ini akan menjadi multiplier effect besar bagi perekonomian di Indonesia. Berdasarkan perhitungan, multiplier effect akan diperoleh dari nilai ekonomi yang dibangkitkan dari satu event WSBK/MotoGP tidak kurang dari RP 500 miliar,” ucap Nugdha.

“(Ada Pula) penyerapan tenaga kerja kurang lebih sebesar 7.950 orang, peningkatan produk UMKM dengan penambahan tenaga kerja sebanyak paling tidak 3.000 orang,” lanjutnya.

Adanya dua ajang besar ini diyakini pula akan menambah penerimaan wisatawan asing menuju Indonesia. Hal ini sejalan dengan tujuan menguatkan country branding Indonesia di mata dunia.

“Peningkatan kunjungan wisatawan ke Lombok (diprediksi) hingga 19% dan tak kalah penting adalah perkuatan country branding bagi Indonesia. Oleh karena itu kami mohon doa dan dukungan semua pihak agar ajang-ajang tersebut berjalan lancar dan sukses,” lanjutnya.



Kemudian Nugdha memaparkan kesiapan dari sirkuit ini sudah mencapai 100% khusus untuk konstruksi lintasannya. Sementara untuk beberapa fasilitas pendukung seperti race control, Pit Building, dan Medical Center rencananya siap digunakan pada saat balapan dimulai.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)