Songsong PON Remaja, Percasi Jabar seleksi pecatur

Kamis, 06 Desember 2012 - 21:21 WIB
Songsong PON Remaja, Percasi Jabar seleksi pecatur
Songsong PON Remaja, Percasi Jabar seleksi pecatur
A A A
Sindonews.com - Pengurus cabang (Pengcab) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) bersiap menyongsong Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja. Mereka meminta Percasi di bawah naungan Percasi Jabar mengirimkan lima atlet putra dan lima atlet putri untuk mengikuti seleksi atlet.

Sekum Percasi Jabar Dicky Irfan menuturkan, hasil rapat koordinasi Percasi Jabar di Wisma Cartur, beberapa hari yang lalu, Percasi Jabar akan segera melakukan seleksi para pecatur yang akan diturunkan dalam PON remaja. Untuk itu, setiap Pengcab Percasi di kab/kota di Jabar diminta menyiapkan para pecatur terbaiknya untuk mengikuti seleksi.

"Percasi Jabar akan secepatnya melakukan seleksi atlet yang akan diturunkan di PON Remaja nanti. Untuk seleksi rencanannya akan dilaksanakan di Cyty Link, Jln. Peta Bandung mulai tanggal 26-30 Desember," katanya.

Menurut Dicky, setiap pengcab memiliki kuota atlet yang mengikuti seleksi 5 orang pecatur putra dan 5 pecatur putri. Para pecatur ini, maksimal kelahiran tahun 1997. "Dalam seleksi mereka akan mengikuti pertandingan sebanyak 7 babak. Mereka akan diseleksi hingga kita mendapatkan 10 pecatur putra dan 10 pecatur putri," katanya.

Dicky juga menilai, meski nanti dipilih hanya 10 pecatur putra dan 10 pecatur putri, jumlah ini bisa berubah sesuai dengan nomor yang dipertandingkan dalam PON remana. Kalau yang dibutuhkan kurang dari 10 pecatur putra dan 10 pecatur putri, Percasi Jabar akan melakukan seleksi internal.

"Kalau jumlah yang dibutukan berkurang, kita akan lakukan seleksi lagi," tegasnya.

Meskipun begitu pihaknya berharap, Jabar bisa unjuk gigi dengan pecatur-pecatur handalnya di PON Remaja nanti. Dengan seleksi tersbut juga diharapkan terjaring atlet-atlet muda potensial yang siap membela Jabar dan memberikan hasil terbaik.

Menurutnya, untuk pecatur yang waktu lalu turun di PON Riau, tidak bisa mengikuti PON remaja dikarenakan sudah melampaui batas usia yang ditentukan. Sementara itu untuk PON XIX Jabar 2016, Percasi Jabar mengusulkan emas yang diperebutkan untuk cabor catur sebanyak 14 emas.
Usulan tersebut sudah diajukan baik ke Disorda Jabar maupun KONI Jabar.

"Kita usulkan nomor yang dipertandingkan untuk catur dalam PON 2016 di Jabar sebanyak 14 nomor hingga memperebutkan 14 emas. Usulannya sudah kami ajukan ke KONI maupun Disorda," katanya.

Nomor yang diusulkan ini, diantaranya untuk beregu dibagi untuk katagori catur cepat, kilat dan standar. Nomor lainnya, yaitu tunggal putra dan putri untuk catur cepat, kilat dan standar serta nomor catur pasangan.

"Rencananya kami juga akan pertandingkan catur pasangan. Dalam PON sebelumnya, nomor ini tidak dipertandingkan," katanya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5591 seconds (0.1#10.140)