Buka-bukaan Presiden AS Roma Soal Kembalinya Serie A

Rabu, 17 Juni 2020 - 01:01 WIB
loading...
Buka-bukaan Presiden AS Roma Soal Kembalinya Serie A
Presiden AS Roma, Jim Pallotta berbicara tentang kembalinya sepakbola Italia. Foto: AS Roma
A A A
ROMA - Presiden AS Roma, Jim Pallotta berbicara tentang kembalinya sepakbola Italia, profesionalisme pada pemain selama lockdown. Dia juga berbicara seberapa parah wabah virus menghantam keuangan klub.

Sepak bola Italia segera kembali, sesuatu yang mungkin tampak mustahil dua bulan lalu. Banyak tantangan yang dihadapi oleh klub dan pemain, berikut wawancara Presiden AS Roma dikutip laman resmi klub:

Dua bulan lalu Italia masih berpikir untuk menggelar kembali sepak bola..

"Italia jelas merupakan salah satu negara yang paling parah terkena dampak di dunia terkait angka kematian Covid-19 dan itu sangat menyedihkan untuk diketahui dari kejauhan. Saya pikir ada kesalahan signifikan yang dibuat dalam bagaimana individu dengan risiko tertinggi tidak dilindungi, tetapi itu adalah sesuatu yang juga terjadi di Amerika Serikat dan saya sudah sangat dekat dengan situasi itu secara umum."

Para pemain menunjukkan tingkat kedisiplinan hebat selama lockdown. Itu mengejutkan Anda?

"Banyak laporan yang saya terima dari Roma memberi tahu saya bahwa para pemain dalam kondisi sangat baik dan dalam kondisi mental yang baik pula. Saya percaya mereka tentu menghargai bagaimana manajemen berinteraksi dengan mereka dan kami tentu menghargai profesionalisme yang mereka tunjukkan. (Baca juga: Setien Klaim Kontribusi Messi bagi Barcelona Bukan Cuma Gol )

Seberapa penting bagi Anda bahwa klub terbukti menjadi sumber kebaikan selama krisis?

"Itu sangat penting dan saya pikir kami ada di seluruh komunitas selama krisis. Kami berada di Roma, mengirimkan pasokan medis ke rumah sakit, gereja dan pusat komunitas, dan juga makanan - antara lain - untuk penggemar kami yang berusia lanjut, tetapi kami juga aktif dengan berbagai kampanye internasional.

Seberapa parah krisis Covid-19 berdampak pada finansial Roma?

"Di seluruh dunia, banyak industri telah terkena dampak dengan cara bermacam-macam. Para pemain dan manajemen kami sangat mendukung - sebagai contoh, menerima kebijakan pemotongan gaji - tetapi tidak dapat disangkal bahwa kami telah mengalami kerugian akibat kehilangan pendapatan tiket, toko-toko ditutup, kamp-kamp sepakbola dibatalkan dan sekarang menjadi perdebatan hak siar TV.

"Jadi, ya, kami telah sangat terpengaruh, tetapi kami berbicara tentang dampak krisis finansial Covid-19 pada sepakbola. Ribuan orang di seluruh dunia telah menderita kerugian yang jauh lebih besar - kehilangan orang yang mereka cintai.

Ada banyak spekulasi tentang masa depan klub belakangan ini namun Anda tetap bungkam. Mengapa?

"Selama sembilan tahun, saya telah melihat informasi bocor dari dalam klub, dibuat oleh orang-orang di luar klub atau dari mereka yang tidak dalam linkaran Roma, meski saya mungkin ingin merespons sesekali, kami adalah perusahaan yang terbuka secara publik sehingga saya tidak mungkin bereaksi terhadap setiap komentar atau cerita tentang apa yang mungkin atau mungkin tidak terjadi.

"Saya melihat diri saya memiliki dua tanggung jawab utama - melakukan yang terbaik untuk AS Roma dan juga melakukan yang terbaik untuk kelompok investor dan pemegang saham.

"Kami telah menginvestasikan lebih dari €400 juta ke proyek ini - jumlah yang besar, dan kami selalu berusaha melakukan hal yang benar untuk Roma.

"Sebagai bagian dari investasi kami, kami telah menghabiskan lebih dari €70 juta untuk proyek stadion, yang, dalam benak saya, kami seharusnya merayakan pembukaan stadion baru sekarang. Kami seharusnya bermain di stadion itu musim depan.

Anda telah menerima kritikan pedas karena menolak tawaran yang dilaporkan berasal dari Friedkin Group…

"Friedkin Group mendekati kami musim gugur lalu dan, menjelang akhir tahun, kami mulai menemukan kesepakatan. Kami masuk ke pembahasan lebih detail - dan sisi buruk selalu dalam detail - tetapi setelah perubahan yang dilakukan oleh pengacara dan bankir mereka, tawaran itu mulai berubah menjadi sesuatu yang kurang menarik dan kurang cocok untuk Roma dan kelompok investasi kami.

Apakah Anda siap meninggalkan Roma?

"Yah, seiring bertambahnya usia, saya memikirkan masa depan saya dan saya ingin meninggalkan klub dengan situasi yang sangat bagus dan kuat. Saya ingin seseorang menjadi pelayan yang baik bagi Roma dan dengan kemampuan untuk bersaing dengan cara yang kita semua inginkan.

"Sampai saat itu, kami terus mendukung Roma dengan cara yang tak terhitung jumlahnya dan terus menanamkan uang ke klub untuk memastikan kami dapat bersaing di kompetisi terbesar dan di level tertinggi.

"Saya, bersama beberapa orang lain, tentu saja telah menanamkan lebih dari yang diharapkan dari kami secara pribadi, karena kami selalu berusaha melakukan yang terbaik oleh Roma."

Berapa banyak keuntungan yang bisa Anda terima dari menjual Roma? Apakah ada angkanya?

"Percayalah, kami tidak duduk sambil berkata, 'Kami ingin menghasilkan banyak uang!' Tidak ada kesempatan untuk itu. Saat ini, saya hanya ingin memastikan bahwa apa pun yang terjadi selanjutnya bagi Roma adalah hal terbaik untuk klub - apakah itu dengan penjualan, investor baru atau dengan saya sendiri dan grup investor saat ini.

"Saya sudah lama mengetahui bahwa bagi sebagian orang, tidak masalah apa yang saya katakan atau lakukan, atau berapa banyak uang yang saya tanamkan ke Roma. Mereka akan selalu mengatakan itu tidak pernah cukup dan selalu begitu. Saya sudah memahaminya."

Banyak fans khawatir dengan jendela transfer musim panas, mengingat posisi keuangan klub...

"Ada ketidakpastian di mana-mana di dunia sepakbola saat ini, itu jelas bukan sesuatu yang unik bagi Roma. Ada banyak bagian yang bergerak dalam sepakbola dan banyak yang tergantung pada investasi potensial ke klub.

"Tidak ada klub di dunia yang tahu bagaimana bursa transfer akan berjalan pada musim panas atau musim gugur ini, tetapi pada akhirnya, kita perlu melakukan apa yang kami yakini terbaik untuk AS Roma."

Apakah Anda punya pesan terakhir untuk fans Roma?

"Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada penggemar yang terus mendukung kami dan apa pun yang terjadi, saya akan terus berusaha melakukan semua yang saya bisa untuk AS Roma. Saya cinta Roma, saya cinta klub dan semua yang ada dan saya berharap melihat kami kembali meraih kemenangan sesegera mungkin."
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)