alexametrics

Jack Charlton, Pahlawan Inggris di Piala Dunia 1966 Meninggal Dunia

loading...
Jack Charlton, Pahlawan Inggris di Piala Dunia 1966 Meninggal Dunia
Jack Charlton.Foto/DailyMail
A+ A-
NORTHUMBERLAND - Mantan bek yang membawa Inggris meraih gelar juara Piala Dunia 1966, Jack Charlton, meninggal di rumahnya di Northumberland, Inggris, Jumat (10/7/2020) waktu setempat atau Sabtu (11/7/2020) dini hari WIB. Charlton meninggal karena menderita demensia dan limfoma.

(Baca juga: Varane: Tuduhan Dapat Bantuan VAR Tak Ganggu Permainan Real Madrid)

Sebuah pernyataan dari keluarga Charlton yang mengumumkan kematiannya mengungkapkan, keluarga besarnya bangga kepada pria yang berstatus suami, ayah, kakek, dan kakek buyut tersebut. Charlton yang pernah menjadi manajer timnas Irlandia, meninggalkan seorang istri bernama Pat Kemp dan tiga anaknya.

(Baca juga: Preview Juventus vs Atalanta: Bukan Lawan Mudah untuk Nyonya Tua)

"Kami tidak bisa mengungkapkan betapa bangganya kita terhadap kehidupan luar biasa yang dipimpinnya, dan kesenangan yang dia bawa kepada begitu banyak orang di berbagai negara dan dari semua lapisan masyarakat," bunyi pernyataan resmi keluarga Charlton dilansir Daily Mail.

“Dia adalah pria yang benar-benar jujur, baik, lucu, dan tulus yang selalu punya waktu untuk orang. Kehilangannya akan meninggalkan lubang besar di sepanjang hidup kita, tetapi kita berterima kasih atas kenangan indah seumur hidup," katanya.

Cucu Charlton, Kate dan Emma Wilkinson, memposting foto peti berisi jasad kakeknya di Twitter. Dalam postingannya, mereka mengatakan Charlton adalah pria yang baik dan tulus.

Charlton bek terbaik sepanjang masa yang pernah dimiliki Inggris. Dia membuat rekor klub sebanyak 773 penampilan untuk Leeds selama 21 tahun antara tahun 1952 dan 1973, dianggap sebagai salah satu bek terbaik permainan. Charlton mengangkat Piala FA di Wembley setelah Leeds United mengalahkan Arsenal pada tahun 1972.

Pada Januari 1969, dia membela Leeds melawan adiknya Bobby Robson dari Manchester United. Penampilan defensifnya memenangkan Charlton the FWA Footballer of the Year pada tahun 1967.

Ucapan belasungkawa datang dari mantan striker Inggris dan presenter Match of the Day, Gary Lineker. "Sedih mendengar bahwa Jack Charlton telah meninggal dunia. Pemenang Piala Dunia bersama Inggris, manajer tim Irlandia, mungkin yang terbaik dan kepribadian yang sangat menular. RIP Jack," ujar Linaker dalam akun Twitter pribadinya.

Lady Elsie Robson, janda mantan pemain Ipswich, Barcelona dan manajer Newcastle Sir Bobby Robson memberikan penghormatan Jack Charlton.

"Jack adalah teman yang baik, dan pendukung yang luar biasa dari badan amal kanker kami. Dia keluar ke acara dan bertemu dengan penggalangan dana, dan orang-orang selalu begitu senang bertemu dengan pemenang Piala Dunia. Dia membuat kita semua tersenyum. Saya merasa untuk Pat dan keluarga, setelah kehilangan besar mereka dan mereka memiliki simpati tulus kami," pungkasnya.
(zil)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak