Manor Pastikan Satu Kursi buat Rio Haryanto Tampil di F1

Kamis, 18 Februari 2016 - 14:20 WIB
Manor Pastikan Satu Kursi buat Rio Haryanto Tampil di F1
Manor Pastikan Satu Kursi buat Rio Haryanto Tampil di F1
A A A
LONDON - Rio Haryanto menyedot perhatian media Inggris dengan rencananya mengisi kursi tim Manor Racing di Formula One (F1) pada musim 2016. Bahkan, pembalap Manor musim lalu asal Inggris Will Stevens dipecat lantaran kubu Rio dikabarkan sudah membayar jaminan untuk mengisi tempat di tim tersebut.

Seperti dikutip dari Telegraph, Rio mendapatkan dukungan sponsor 10 juta poundsterling (Rp 192 miliar) dari perusahaan minyak pemerintah Indonesia, Pertamina, agar bisa mendapatkan slot membalap di Manor. Harga itu memang lebih besar dibandingan Steven yang menyetor 6 juta Pound yang sekaligus berharap bisa kembali tampil di F1.

Stevens, 24, sangat memahami dirinya digantikan Rio karena hanya memberikan dana kecili untuk Manor. Kemunculan berita ini menjadi pukulan pahit bagi pembalap Inggris itu jelang seminggu sebelum tes pra musim pertama di Barcelona. Oleh karena itu, dia kemungkinan akan mencoba balapan di tempat lain, salah satunya di Amerika, sebelum kembali mencari peluang untuk kembali ke F1.

Dengan kegagalan Will Steven itu, pembalap Inggris akan hanya ada tiga pembalap di F1 2016, yaitu Lewis Hamilton di Mercedes, Jenson Button (McLaren), dan rookie Jolyon Palmer (Renault).

Pada 2015, Stevens telah berjuang untuk membuat kesan bagus untuk Manor. Sayangnya, hasil balapannya masih jauh dari harapan. Tapi, Manor yang akan menggunakan mesin Mercese tahun ini, mungkin memiliki banyak kesempatan untuk pembalap berusia 24 tahun itu menunjukkan hasil yang lebih baik.

Namun, peluang itu tampaknya sudah tertutup. Sebab, Pengumuman Rio secara resmi membela Manor, diharapkan terjadi dalam beberapa hari ke depan. Dengan begitu, Rio akan bermitra dengan pembalap cadangan tim Mercedes Pascal Wehrlein, yang sudah diumumkan pada pekan lalu.

Meski begitu, ada kabar Rio tidak sendiri untuk mengisi kursi itu. Pasalnya, Manor mempertimbangkan menggunakan tiga pembalap dalam satu musim F1. Hal ini diyakini Rio dan Rossi akan saling bergantian untuk menemani Wehrlein di atas lintasan balapan yang berlangsung 21 seri tersebut. Sebab, Rossi juga menyiapkan dana untuk bisa balapan bersama tim yang bermarkas di Banbury, Oxfordshire, Inggris itu.

Kabarnya pada balapan pertama, Rio akan lebih dulu membalap dan kemudian kembali muncul untuk saat seri di Asia pertengahan musim ini. Sedangkan Rossi akan membalap terutama di seluruh Amerika Utara dan Selatan.

Namun pada putaran di Eropa kemungkinan akan dibagi berdua. Ini menunjukkan bahwa Manor membuat langkah besar jelang balapan 2016. Apalagi, mereka juga meningkat signifikan berkat menggunakan unit kekuatan baru, Mercedes, dan dukungan teknis yang disediakan oleh Williams.

"Manor akan membuat langkah besar, bukan hanya karena mesin," kata bos tim Mercedes Toto Wolff, yang berperan penting untuk Wehrlein mengamankan kursi balapan pertama di Manor. "Saya memiliki keyakinan bahwa mobil dan pembalap akan memiliki balapan hebat dan berlari di lini tengah yang solid," ungkapnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5132 seconds (0.1#10.140)