Honda Cuma Kuat Tiga Jam, Yamaha Juara Suzuka 8 Hours

Minggu, 31 Juli 2016 - 20:30 WIB
Honda Cuma Kuat Tiga Jam, Yamaha Juara Suzuka 8 Hours
Honda Cuma Kuat Tiga Jam, Yamaha Juara Suzuka 8 Hours
A A A
SUZUKA - Tim Yamaha sukses pertahankan gelar di ajang balap ketahanan Suzuka 8 Hours. Trio Pol Espargaro, Katsuyuki Nakasuga, serta Alex Lowes mampu ungguli tim Honda, yang bermasalah saat baru digeber selama tiga jam.

Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Suzuka, Minggu (31/7/2016), trio pembalap Yamaha tampil dominan sejak awal balapan. Honda yang semula dianggap bisa merepotkan dengan menurunkan mantan juara MotoGP 2006 Nicky Hayden, Takumi Takahashi, serta Michael Van Den Mark, justru ketiban sial.

Motor Honda yang digunakan Hayden, Takahashi, dan Mark mengalami masalah teknis saat memasuki menit akhir jam ketiga. Imbasnya, Yamaha jadi tak terbendung.

Secara bergantian Espargaro, Nakasuga, dan pembalap anyarnya, Lowes, mampu mempertahankan posisi di depan. Hasilnya, mereka bisa finis dengan selisih waktu mencapai 2 menit 17,883 detik.

"Ini adalah suasana yang luar biasa. Ini adalah balapan bersejarah dan kami sudah menang dua kali. Ini adalah perasaan terbaik yang pernah. Kedua kalinya lebih baik, selalu," seru Espargaro, yang musim depan bakal jadi pembalap KTM, kepada Crash.



Sementara bagi Honda, kegagalan ini menggenapi masalah mereka di ajang Suzuka 8 Hours. Musim lalu, Casey Stoner jadi korban akibat bermasalah pada gas motor.

Padahal, Honda sejatinya memulai race dengan baik. Hayden sempat merangsek ke posisi tiga, sebelum akhirnya Mark bisa naik ke peringkat dua di bawah pembalap Yamaha.

Persaingan menarik justru terjadi antara Honda dan Suzuki. Namun dengan masalah teknis, Suzuki bisa merebut posisi kedua, sebelum akhirnya disalip pembalap tim Green Kawasaki Leon Haslam.

Berikut Hasil Balapan Suzuka 8 Hours
1. #21 Yamaha Factory Racing Nakasuga/Espargaro/Lowes laps
2. #87 Team Green Yanagawa/Haslam/Watanabe +2m 17.883s
3. #12 Yoshimura Suzuki Tsuda/Brookes/Haga +1 lap
4. #7 YART Yamaha EWC Team Parkes/Nozane/Fujita +4 laps
5. #32 Moto Map Suzuki Waters/Aoki/Konno +4 laps
6. #17 Kagayama Suzuki Kagayama/Uramoto/Kiyonari +5 laps
7. #01 Eva RT Kawasaki Deguchi/Izutsu/Nigon +5 laps
8. #22 SatuHati Honda Team Asia Pratama/Wilairot/Zaidi +6 laps
9. #18 Mistresa ATS Honda Nakatsuhara/Kobayashi/Sekiguchi +6 laps
10. #090 Teluru RT Honda Akiyoshi/Cudlin/Ohkubo +6 laps

(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6465 seconds (0.1#10.140)