Nico Rosberg Juara Dunia Formula 1 2016

Minggu, 27 November 2016 - 22:00 WIB
Nico Rosberg Juara Dunia Formula 1 2016
Nico Rosberg Juara Dunia Formula 1 2016
A A A
ABU DHABI - Nico Rosberg akhirnya merengkuh titel juara dunia pertamanya di ajang Formula 1. Pembalap Mercedes asal Jerman berhasil finis di peringkat dua dalam Grand Prix Abu Dhabi sehingga perolehan poinnya tidak mungkin terkejar lagi oleh Lewis Hamilton.

Rosberg yang mengawali race dari posisi dua, juga di bawah Hamilton, bisa mengawali start dengan baik. Ia sukses membuntuti Hamilton yang bertindak sebagai pole seater di Sirkuit Yas Marina, Minggu (27/11/2016).

Hamilton dan Rosberg yang memang bersaing sengit untuk jadi juara dunia di seri pemungkas, beradu taktik soal pemilihan ban di awal race. Hamilton langsung masuk pit di lap ketujuh, diikuti Rosberg satu lap berselang.





Strategi itu sempat membuat posisi Hamilton dan Rosberg sempat terpisah. Pasalnya, pembalap Red Bull Max Verstappen sukses mengambil alih posisi dua.

Menariknya, Hamilton coba memperingatkan Rosberg akan bahaya Vestappen. Kendati sedang bersaing sengit jadi juara dunia, pembalap Inggris tetap meminta Rosberg tidak melakukan overtake berisiko dengan pembalap Red Bull di depannya.



Hingga lap ke-16, posisi masih belum berubah yakni Hamilton, Verstappen, diikuti Rosberg. Namun di lap ke-21, Rosberg berhasil menyalip Verstappen, namun dalam posisi yang amat sulit.



Saat Hamilton sudah memimpin cukup jauh, Rosberg kembali masuk pit pada lap ke-30. Beruntung, Verstappen dan Daniel Ricciardo di belakangnya tidak sempat mengambil alih posisi Rosberg.

Hingga race berakhir, posisi Hamilton sebagai pemimpin race tidak terkejar. Meski pembalap Inggris menangkan balapan Abu Dhabi, gelar juara dunia tetap jatuh ke tangan Rosberg yang finis kedua.

Hasil tersebut membuat Rosberg mengoleksi poin 385. Ia unggul lima angka dari Hamilton yang berada di tempat kedua.

Sementara posisi tiga diisi Sebastian Vettel yang bisa menyalip Verstappen di lap ke-46. Dua pembalap Red Bull, Verstappen dan Ricciardo, pun harus puas menempati posisi empat dan lima.





(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9132 seconds (0.1#10.140)