Ferrari Gunakan Instrumen 'Halo' di Kokpit Kimi Raikkonen

Kamis, 03 Maret 2016 - 20:00 WIB
Ferrari Gunakan Instrumen Halo di Kokpit Kimi Raikkonen
Ferrari Gunakan Instrumen 'Halo' di Kokpit Kimi Raikkonen
A A A
BARCELONA - Ferrari resmi memperkenalkan "Halo pada mobil balap Kimi Raikkonen saat tes pramusim Formula 1 hari ketiga di Sirkuit Catalunya, Barcelona pada Kamis (3/3/2016). Teknologi tersebut digunakan untuk meningkatkan keselamatan pembalap.

Halo merupakan sistem pelindung kepala bagi pembalap. Awalnya, sistem tersebut diajukan oleh tim balap Mercedes dan telah melewati tiga desain berbeda. Saat ini halo tengah dalam proses pertimbangan serius untuk dijadikan instrumen wajib mobil F1.

Tiga desain juga telah diuji coba di Global Institute for Motor Sport Safety dengan cara menembakkan sebuah roda F1 menggunakan sebuah mesin pelontar. Hasilnya, sistem Halo berhasil melindungi area helm (kepala) pembalap dari tembakan roda tersebut.
Ferrari Gunakan Instrumen 'Halo' di Kokpit Kimi Raikkonen

Dua desain lain diuji di Additional Frontal Protection. Menurut laporan Crash, ujicoba halo meliputi bentuk instrumen baru tersebut supaya tidak mengganggu visibilitas pembalap.

Wacana untuk menyertakan halo sebagai komponen wajib F1 masih menuai pro dan kontra. Halo sendiri diyakini menambah bobot mobil lebih dari 5kg. (Baca juga : Rio Haryanto Cetak Catatan Terbaik di Sirkuit de Catalunya)
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6083 seconds (0.1#10.140)