6 Pelatih Top Dunia Siap Bersaing di Liga Super China 2017

Selasa, 03 Januari 2017 - 14:34 WIB
6 Pelatih Top Dunia...
6 Pelatih Top Dunia Siap Bersaing di Liga Super China 2017
A A A
JAKARTA - Liga Super China lambat laun menjelma jadi salah satu kompetisi yang menarik untuk disaksikan. Bermodalkan uang yang tidak pernah habis, klub-klub China berhasil mendatangkan pemain bintang dunia seperti Jackson Martinez, Hulk, Paulinho, Alex Teixera, Ramires, Oscar dan juga Carlos Tevez.

Tak hanya itu, pentas sepak bola di Negeri Tirai Bambu juga dihiasi dengan pelatih-pelatih top dari berbagai negara. Setidaknya ada enam sosok yang punya nama besar. Mereka adalah Luiz Felipe Scolari, Andre Villas-Boas, Gustavo Poyet, Manuel Pellegrini, Felix Magath dan Fabio Cannavaro.

Nama pertama pernah membawa Brasil juara di Piala Dunia 2002. Kini Scolari menangani Guangzhou Evergrande dan ia berhasil mempersembahkan trofi Liga Super China (2015, 2016), Liga Champions Asia 2015 serta Piala Super China 2016.

Tahun ini eks pelatih Chelsea itu bakal dibantu lima pemain dari luar China. Mereka adalah Kim Hyung-il (Korea Selatan), Paulinho (Brasil), Alan Carvalho (Brasil), Ricardo Goulart (Brasil) dan Jackson Martinez (Kolombia).

Selain Scolari, sosok Villas-Boas juga mencuri perhatian. Mantan pelatih Porto, Chelsea dan Tottenham Hotspur itu dipercaya menangani Shanghai SIPG. Villas-Boas bakal mendidik dua pemain bintang, Hulk dan Oscar.

Klub sekota Shanghai SIPG yakni Shanghai Shenhua juga dilatih alumni Liga Primer Inggris. Adalah Gustavo Poyet, mantan pelatih Sunderland yang akan menahkodai Carlos Tevez, Fredy Guarin, Giovanni Moreno, Obafemi Martins, Kim Kee-hee dan pemain-pemain lainnya.

Selain tiga nama tadi, ada juga sosok Pellegrini yang pernah melatih Manchester City. Pria kebangsaan Chile tersebut ditugaskan memimpin skuat Hebei China Fortune yang di dalamnya berisi dua pemain bintang yakni Gervino dan Ezequiel Lavezzi.

Untuk Felix Magath, eks pelatih Bayern Muenchen itu akan menangani Shandong Luneng yang mempekerjakan Pappis Cisse serta Graziano Pelle. Sementara Cannavaro mendidik Tianjin Quanjian yang akan diperkuat Axel Witsel.

Dari 16 tim yang mengikuti Liga Super China 2017, hanya tiga kontestan yang dipimpin oleh pelatih dalam negeri. Tiga tim tersebut adalah Liaoning Whowin, Henan Jianye dan Guizhou Zhicheng.

Berikut daftar pelatih di Liga Super China 2017
Guangzhou Evergrande: Luiz Felipe Scolari (Brasil)
Jiangsu Suning: Choi Yong-soo (Korea Selatan)
Shanghai SIPG: Andre Villas-Boas (Portugal)
Shanghai Shenhua: Gustavo Poyet (Uruguay)
Beijing Guoan: Jose Gonzalez (Spanyol)
Guangzhou R&F: Dragan Stojkovic (Serbia)
Hebei China Fortune: Manuel Pellegrini (Chile)
Yanbian Funde: Park Tae-ha (Korea Selatan)
Chongqing Lifan: Chang Woe-Ryong (Korea Selatan)
Liaoning Whowin: Ma Lin (China)
Tianjin Teda: Jaime Pacheco (Portugal)
Changchun Yatai: Lee Jang-soo (Korea Selatan)
Henan Jianye: Jia Xiuquan (China)
Shandong Luneng: Felix Magath (Jerman)
Tianjin Quanjian: Fabio Cannavaro (Italia)
Guizhou Zhicheng: Li Bing (China)
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1058 seconds (0.1#10.140)