Kejuaraan Dunia Balap Motor Listrik Digelar 2019

Rabu, 15 Maret 2017 - 15:58 WIB
Kejuaraan Dunia Balap Motor Listrik Digelar 2019
Kejuaraan Dunia Balap Motor Listrik Digelar 2019
A A A
MADRID - Dorna Sports S.L selaku promotor kejuaraan dunia MotoGP dan Superbike, bersiap membuat terobosan di masa mendatang. Mereka berencana membuat kejuaraan dunia balap motor listrik pada 2019.

Seperti dikutip drivespark, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta mengungkapkan hal tersebut saat diwawancara ekslusif media Spanyol AS. Dalam kesempatan itu, pria berkepala plontos berniat menambah kejuaraan dunia selain MotoGP.

Kejuaraan dunia balap motor listrik ditargetkan digelar pada musim 2019. Nantinya, balapan motor listrik akan menggantikan kejuaraan dunia FIM e-Power yang gulung tikar sejak 2014 dan digelar tiap pekan untuk menyemarakkan MotoGP, selain kelas Moto2 dan Moto3. Rencananya, kejuaraan dunia motor listrik akan digelar sebanyak lima seri.

Sepeda motor listrik nantinya akan dibuat oleh satu pabrikan, di mana dua brand sudah menyatakan minatnya menyediakan mesin balap. Untuk rider, nantinya akan dilirik pembalap yang saat ini bersaing di level grand prix.

Sementara format balapannya, Ezpeleta berharap sebanyak 14 pembalap MotoGP bisa bersaing dengan empat pembalap Moto2 tercepat. Untuk jumlah lap, diyakin motor elektrik sanggup berpacu selama 10 lap dengan kecepatan maksimal mencapai 201 km per jam.

Adapun tujuannya digelar kejuaraan dunia balap motor listrik tak lain untuk memerangi pemanasan global di masa depan. "Kita bisa melakukannya sekarang, tapi kami ingin mengisi baterai dengan energi yang bersih dan tidak dengan kompresor yang banyak mencemari lingkungan," ungkapnya.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8385 seconds (0.1#10.140)