Pesepeda Nasional Argentina Tersandung Kasus Doping

Selasa, 08 Mei 2018 - 00:00 WIB
Pesepeda Nasional Argentina Tersandung Kasus Doping
Pesepeda Nasional Argentina Tersandung Kasus Doping
A A A
SAN JUAN - Pesepeda asal Argentina, Gonzalo Najar tersandung kasus doping. Pria 24 tahun terbukti positif doping setelah memenangkan lomba balap sepeda jarak jauh, Vuelta a San Juan.

Badan olahraga bersepeda internasional (UCI) mengatakan, Najar terbukti gagal dalam tes anti-doping yang dilakukan 21 Januari 2018 lalu. Selain Najar, rekan satu timnya di SEP de San Juan, Gaston Javier, juga gagal dalam tes.

Sampel Najar, diketahui mengandung reseptor erythropoiesis dalam dosis tertentu yang disebut mampu memacu tekanan darah pada tubuh. Jenis tersebut mirip eritropoietin namun masuk dalam kandungan terlarang versi WADA.

Menurut Cycling Weekly, penyelenggara balapan Vuelta a San Juan sempat memposting kabar kegagalan Najar dalam tes anti-doping. Namun, dalam waktu singkat postingan tersebut dihapus.

Dalam sebuah pernyataan, UCI menyebut tes tersebut bagian dari kontrol doping yang dipimpin intelejen. Lebih jauh, mereka juga menyebut dua pesepeda dari tim SEP de San Juan tidak diizinkan tampil dalam beberapa ajang terdekat.

"Sesuai dengan aturan anti-doping UCI, para pesepeda ditangguhkan untuk sementara waktu hingga proses hukum selesai," demikian bunyi laporan tersebut.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6287 seconds (0.1#10.140)