Susunan Skuat Bulu Tangkis Indonesia di Asian Games 2018

Minggu, 01 Juli 2018 - 04:00 WIB
Susunan Skuat Bulu Tangkis Indonesia di Asian Games 2018
Susunan Skuat Bulu Tangkis Indonesia di Asian Games 2018
A A A
JAKARTA - PBSI telah menentukan 20 pebulu tangkis yang masuk tim inti di Asian Games 2018. Terdiri dari 10 pemain putra dan pemain putri bakal berlaga di tiga nomor; beregu putra, beregu putri, dan perorangan.

Cabang bulu tangkis akan dimainkan di Istora Senayan pada 19-28 Agustus 2018. Cabang ini juga merupakan salah satu andalan Indonesia untuk mendulang medali di pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

Di daftar pemain ganda putra ada nama Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang mendapat kepercayaan untuk mengemban tugas baik di nomor beregu maupun perorangan. Sementara Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto akhirnya terpilih bersama pasangan ganda campuran andalan, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

"Dasar kami memilih pemain ke Asian Games itu tentunya ada beberapa pertimbangan. Untuk Ricky/Debby, karena kami berharap mereka lebih konsisten, fokus dan bertanggungjawab untuk tugas yang mereka emban di Asian Games," ujar Susy Susanti kepada Badmintonindonesia.org.

"Mengenai Fajar/Rian, kami menilai secara prestasi mereka lebih baik dari yang lain, terutama di 2018 ini," kata Susy, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI.

Selain itu, hanya ada tiga pemain tunggal putra yang masuk dalam tim inti. Artinya, tidak ada pemain cadangan tunggal putra pada pertandingan beregu.

"Karena nama-nama inilah yang ada di dalam long list dan berhak untuk main. Otomatis cadangan harus siap untuk main rangkap single dan double di beregu," jelas Susy.

Sementara itu Kepala Pelatih Ganda Putra PBSI, Herry Iman Pierngadi, mengutarakan alasannya memilih Fajar/Rian dari beberapa kandidat kuat, salah satunya peraih emas Asian Games 2014, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

"Selain penilaian dari beberapa turnamen terakhir, rangking, saya juga pertimbangkan soal regenerasi. Fajar/Rian mencerminkan generasi muda ganda putra Indonesia, generasi ganda putra kita selanjutnya. Ini demi Olimpiade Tokyo 2020, persiapannya harus dari sekarang," ujar Herry.

Ganda putra menjadi salah satu andalan di Asian Games 2018, apalagi kini pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tengah merajai peringkat ganda putra dunia.

"Saya tetap optimis ganda putra bisa memberikan medali emas untuk Indonesia, semoga harapan ini bisa terwujud," tutur Herry.

Nomor Beregu


Beregu Putra
Beregu Putri
1
Jonatan ChristieFitriani
2
Anthony Sinisuka GintingGregoria Mariska Tunjung
3
Ihsan Maulana MustofaRuselli Hartawan
4
Kevin Sanjaya SukamuljoGreysia Polii
5
Marcus Fernaldi GideonApriyani Rahayu
6
Fajar AlfianDella Destiara Haris
7
Muhammad Rian ArdiantoRizki Amelia Pradipta
8
Mohammad AhsanNi Ketut Mahadewi Istarani
9
Tontowi AhmadLiliyana Natsir
10
Ricky Karanda SuwardiDebby Susanto

Nomor Perorangan
Sektor
Wakil Indonesia
Tunggal Putra
Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting
Tunggal PutriFitriani, Gregoria Mariska Tunjung
Ganda PutraKevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
Ganda PutriGreysia Polii/Apriyani Rahayu, Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris
Ganda CampuranTontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8944 seconds (0.1#10.140)