Rep Ceko perpanjang napas

Rabu, 13 Juni 2012 - 01:08 WIB
Rep Ceko perpanjang napas
Rep Ceko perpanjang napas
A A A
Sindonews.com – Armada Republik Ceko memperpanjang napas dalam perburuan tiket babak kedua Piala Eropa 2012. Asa Tomas Rosicky dkk untuk melewati Grup A terjaga setelah memetik kemenangan pertama. Mereka tampil agresif dengan menghantam Yunani 2-1 di Stadion Municipal, Wroclaw, Polandia, dini hari tadi.

Raihan tiga angka pertama itu mengobati luka setelah di laga pertama Grup A, Rep Ceko dihancurkan Rusia 1-4 pada 8 Juni lalu. Untuk sementara, Rep Ceko bertengger di posisi kedua di bawah Rusia dengan nilai 3. Namun, posisi ini bisa berubah menunggu hasil laga Polandia melawan Rusia dini hari nanti.

Agresifitas tim asuhan Michal Bilek itu dibuktikan dengan terciptanya dua gol hanya dalam enam menit di babak pertama. Dua gol Rep Ceko disumbangkan Petr Jiracek dan Vaclav Pilar. Jiracek menggoyang jala Yunani saat pertandingan baru berjalan tiga menit.

Tendangan kaki kiri pemain gondrong itu mengoyak jala Konstantinos Chalkias setelah menerima umpan dari Tomas Hubschman. Tiga menit setelah gol pertama, Chalkias lagi-lagi harus memungut bola dari gawang setelah Pilar membobol jala gawangnya.

Pilar mengonversikan umpan Theodor Gebre Silassie di kotak penalti menjadi gol kedua yang dicetaknya di Piala Eropa 2012. Sebelumnya, pemain bernomor 14 itu membobol gawang Rusia di laga pembuka Grup A pada 8 Juni lalu.

Kebobolan dua gol dalam tempo enam menit membuat pelatih Fernando Santos kebakaran jenggot. Ia mengganti Chalkias dengan Michalis Sifakis di menit ke-23. Tiga kartu kuning dikeluarkan wasit di babak pertama, dua untuk Rep Ceko dan satu bagi Yunani. Dua kartu kuning Ceko dijatuhkan kepada Rosicky (27), dan Jiracek (36). Sedangkan kartu kuning Yunani dijatuhkan kepada Torosidis (34’).

Pada menit ke-41, Yunani nyaris memperkecil ketinggalan melalui sundulan Dimitrios Salpingidis. Sayang, gol itu dianulir wasit setelah Salpingidis terjebak dalam perangkap offside. Hingga turun minum, pasukan Negeri Dewa tertinggal 0-2 dari Rep Ceko.

Tertinggal 2-0 di babak pertama membuat Yunani tersengat. Juara Eropa 2004 bermain lebih menyerang. Alhasil, delapan menit setelah kickoff babak kedua dibunyikan, armada Negeri Dewa mampu memperkecil ketertinggalan melalui pemain pengganti, Theofanis Gekas (53’).

Pemain bernomor punggung 17 itu masuk menggantikan Georgios Fotakis di menit ke-46. Gekas menjebol jala Rep Ceko yang dikawal Petr Cech setelah memanfaatkan blunder Cech di kotak penalti. Cech tak mampu menahan bola tendangan Georgios Samaras. Bola yang lepas dari tangkapan Cech langsung disambar Gekas di area kosong Rep Ceko.

Sayang, kendati lebih agresif menyerang dengan ball possession 53 berbanding 47 persen, tapi Yunani tetap harus mengakui keunggulan Rep Ceko. Yunani harus menang di laga terakhir jika masih ingin bersaing dalam perburuan tiket babak kedua. Selanjutnya, juara Piala Eropa 2004 itu akan menantang Rusia pada 17 Juni mendatang.

Susunan Pemain:
Yunani (4-3-3):
Konstantinos Chalkias/Michalis Sifakis (23’) (gk); Ioannis Maniatis, Kyriakos Papadopoulos, Vasilios Torossidis, Jose Holebas, Georgios Karagounis, Georgios Fotakis/Theofanis Gekas (46’), Konstantinos Katsouranis, Konstantinos Fortounis/Konstantinos Mitroglou (71’), Georgios Samaras, Dimitrios Salpingidis
Pelatih: Fernando Santos
Rep Ceko (4-2-3-1):
Petr Cech (gk), Theodor Gebre Selassie, Michal Kadlec, Tomas Sivok, David Limbersky, Tomas Rosicky/Daniel Kolar (46’)/Frantisek Rajtoral (90’), Jaroslav Plasil, Vaclav Pilar, Tomas Huebschman, Petr Jiracek, Milan Baros/Tomas Pekhart (64’)
Pelatih: Michal Bilek
Wasit: Stéphane Lannoy (Prancis)
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4201 seconds (0.1#10.140)