Gol Sakho Berbuah Denda FIFA

Rabu, 04 Februari 2015 - 23:16 WIB
Gol Sakho Berbuah Denda FIFA
Gol Sakho Berbuah Denda FIFA
A A A
ZURICH - FIFA menjatuhkan denda senilai USD100.000 (sekitar Rp1,2 miliar) kepada klub Inggris West Ham United, Rabu (4/2/2015), menyusul sengketa dengan Asosiasi Sepak Bola Senegal.

Kasus itu bermula dari klaim West Ham soal kondisi kesehatan penyerang asal Senegal, Diafra Sakho. Menurut pihak klub, pemain berusia 25 tahun tersebut tidak bisa membela timnas Senegal karena cedera punggung.

Namun 18 hari setelah menarik diri dari skuat Les Lions de la Teranga, julukan timnas Senegal, Sakho mencetak gol kemenangan West Ham 1-0 atas Bristol City pada babak IV Piala, 25 Januari lalu.

FIFA menjabarkan, sang pemain dipanggil oleh Asosiasi Sepak Bola Senegal pada 18 Desember untuk bermain di Piala Afrika 2015, yang digelar di Guinea Ekuatorial pada 17 Januari-8 Februari. Selain itu, Sakho diharapkan hadir pada kamp pelatihan timnas Senegal pada 5-16 Januari di Maroko.

"Asosiai Sepak Bola Senegal diberitahu oleh West Ham United, bahwa Sakho tak bisa bermain dan bepergian dengan pesawat terbang karena cedera. Dengan demikian Sakho tidak bergabung dengan tim Senegal," kata FIFA. "Tapi, pada 25 Januari 2015, pemain ambil bagian dalam pertandingan resmi untuk klubnya. Senegal tersingkir dari Piala Afrika 2015 pada 27 Januari 2015."

FIFA memutuskan bahwa West Ham dan Sakho melanggar aturan FIFA, mengenai status pemain, dan dikenakan denda serta teguran.

Awalnya, West Ham bersikukuh bahwa Sakho tidak bisa membela Senegal di Piala Afrika karena cedera.Namun, pihak Senegal kemudian membuat pengaduan resmi ke FIFA karena Sakho bisa bermain untuk West Ham melawan Bristol City.

Dua hari setelah Sakho bermain untuk West Ham, Senegal dikalahkan Aljazair dan tersingkir dari turnamen. Sakho telah mencetak 10 gol dalam 16 penampilan di semua kompetisi untuk The Hammers setelah bergabung dari klub Prancis Metz, musim panas lalu.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6918 seconds (0.1#10.140)