Suporter PSM Ini Kembangkan Bisnis Kreatif Lewat Jejaring Komunitas Bola

Minggu, 25 Oktober 2020 - 08:25 WIB
“Prinsip saya adalah selalu jujur dan menjaga kepercayaan dari klien. Selain itu, kita juga harus selalu menjaga silaturahmi dan networking,” tandasnya.



Sementara itu Rizal Kasim, founder Ceraproduction, menyebut bisnis bisa dibangun dari komunitas. Menurutnya, komunitas bisa melakukan apa pun, baik untuk belajar maupun komersialisasi.

“Yang penting clear, harus dipisahkan antara aktivitas komunitas dan bisnis. Jadi aktivitas komunitas tetap berjalan, sementara harus ada orang-orang yang kompeten dari aspek usaha sehingga keduanya juga tetap bisa berjalan dan tidak tumpeng tindih,” ujar Peraih The Marketeers Youth Starup Icon Indonesia dari Marketeers Indonesia tahun 2013 dan Creative Entreprenur dari Bank Mandiri tahun 2016 itu.

Rizal menambahkan komunitas harus diajak melayani pasar yang lebih besar. Dengan demikian, pangsa pasar usaha tersebut tidak berhenti di komunitas saja.

“Bisnis itu harus bisa membantu menyelesaikan masalah orang. Kalau tidak, maka bisnis tidak akan bertahan lama. Komunitas memiliki banyak potensi untuk membantu penyelesaian masalah orang lain, dan itu adalah modal untuk membangun bisnis,” tutup Rizal.
(tri)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More