5 Perkiraan Kerugian Finansial Arema FC Akibat Tragedi Kanjuruhan

Kamis, 06 Oktober 2022 - 22:23 WIB
Arema FC harus bermain di radius minimal 250 km dari Malang. Arema FC juga dihukum dengan menggelar pertandingan tanpa penonton. Hal ini merupakan hukuman yang harus diterima Arema FC hingga akhir musim.

4. Biaya Operasional Main di Luar Kandang

Dengan keluarnya hukuman dari PSSI yang mengharuskan Arema FC main di luar Malang (radius 250 km), maka pengeluaran yang dikeluarkan pasti membengkak. Kita asumsikan jarak 250 km dari Malang ada di daerah Yogyakarta. Kita asumsikan Arema menggunakan salah satu stadion di wilayah Yogyakarta atau Magelang untuk pertandingan kandangnya.

Pengeluaran yang harus dikeluarkan Arema FC untuk menggelar pertandingan kandang usiran paling tidak ada di 3 pos yakni transportasi, akomodasi, dan sewa stadion. Kita asumsikan Arema FC akan main di Stadion Maguwoharjo Sleman.

Stadion Maguwoharjo Sleman memiliki tarif sewa Rp 20 juta per pertandingan. Jika Arema FC menggelar 11 pertandingan kandang sisa, maka Arema FC harus mengeluarkan total Rp 220 juta.

Kemudian, untuk transportasi dan akomodasi per pertandingan. Dengan asumsi total pemain dan staf pelatih 25 orang per pertandingan dan asumsi biaya transport dan akomodasi per orang selama pertandingan Rp 1,5 juta, maka total tiap pertandingan Arema FC harus membayar Rp37,5 juta.

Dengan adanya 11 pertandingan kandang usiran sisa, Arema FC harus mengeluarkan Rp 412,5 juta untuk biaya transportasi dan akomodasi pemain dan pelatih. Maka, dengan bermain di luar Malang, perkiraan total biaya operasional Arema FC untuk 11 pertandingan kandang sisa sekitar Rp632,5 juta.

5. Perbaikan Stadion Kanjuruhan

Adanya tragedi Kanjuruhan membuat pihak Pemkab Malang selaku pemilik Stadion Kanjuruhan harus mendapat ganti rugi dari Arema FC. Kerugian yang didapatkan pun tidak sedikit.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More