GP Singapura Tak Mau Gelar Balapan Formula Satu Lagi

Minggu, 20 November 2016 - 20:15 WIB
GP Singapura Tak Mau Gelar Balapan Formula Satu Lagi
GP Singapura Tak Mau Gelar Balapan Formula Satu Lagi
A A A
SINGAPURA - Kabar mengejutkan datang dari Kejuaraan Dunia Balap Formula Satu (F1). Karena ada isu bahwa salah satu lomba malam hari dalam kalender tak lagi memperpanjang kontraknya.

Ya, Bernie Ecclestone telah mengungkapkan bahwa panitia Grand Prix (GP) Singapura sudah tidak ingin menggelar balapan F1 lagi. Berbagai spekulasi terkait masa depan GP Singapura telah beredar pada beberapa bulan terakhir.

Kontrak balapan F1 malam hari tersebut akan berakhir usai gelaran GP Singapura musim depan (2017). Saat melakukan wawancara dengan media Jerman Auto Motor Und Sport pada Minggu (20/11/2016), Ecclestone yakin balapan di Singapura kemungkinan besar tidak akan memperpanjang kontrak balapan F1-nya.

Adapun Bernie juga mengaku tidak terkejut, bila beberapa tim pabrikan yang saat ini berkompetisi di F1 –termasuk tim juara dunia Mercedes– akan keluar dari olahraga ini pada beberapa tahun mendatang.

“Mercedes, kemudian Ferrari, keduanya bisa saja keluar dari olahraga ini. Tetapi kalau saya boleh jujur, hal tersebut bukan kabar yang terlalu buruk, bila balapan justru menjadi menarik,” jelas Ecclestone seperti disarikan oleh Motorsport.

“Kami memang harus selalu siap menghadapi kejadian seperti itu. Suatu saat nanti, Mercedes akan menghentikan program F1 mereka, lihat saja kasus-kasus sebelumnya seperti Honda, BMW, dan Toyota. Mereka pergi ketika mereka merasa sudah ‘selesai’ di F1,” imbuhnya.

Pria Inggris berusia 86 tahun itu melanjutkan komentarnya: “Sama halnya seperti para penyelenggara balapan. Lihat apa yang telah kami lakukan untuk Singapura. Ya, Grand Prix di Singapura membutuhkan biaya yang besar, tetapi kami juga memberikan mereka pendapatan yang besar. Singapura merasa mereka sudah tidak lagi menjadi negara transit saja. Sekarang mereka merasa telah mencapai tujuan mereka, jadi mereka tidak membutuhkan gelaran F1 lagi.”

Ah Bernie, apa jangan-jangan ini gara-gara GP Las Vegas mau masuk kalender F1 sehingga menyebabkan salah satu lomba malam hari dalam kalender mesti ditiadakan?
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3532 seconds (0.1#10.140)