alexa snippet

Menangi Wimbledon, Federer Merangsek ke Posisi Tiga

Menangi Wimbledon, Federer Merangsek ke Posisi Tiga
Roger Federer mengangkat trofi kedelapannya di Wimbledon. / Foto/Reuters
A+ A-
LONDON - Perebutan posisi sebagai raja tenis dunia semakin memanas, setelah mantan petenis nomor satu dunia Roger Federer berhasil mengangkat trofi Wimbledon kedelapannya pada akhir pekan kemarin.

Petenis berkebangsaan Swiss tersebut sangat meningkatkan kansnya untuk kembali menjadi petenis terbaik dunia pada akhir tahun ini. Usai memenangkan Wimbledon 2017, Federer pun naik ke posisi ketiga dunia dalam daftar pemain ATP.

Ini untuk kali pertama dalam hampir 11 bulan, Federer menempati tiga teratas dunia. Petenis berusia 35 tahun sempat turun satu posisi dari nomor tiga pada Agustus tahun lalu.

Setelah absen hingga akhir musim lalu pasca penampilannya di Wimbledon 2016, Federer terjun bebas ke tingkat terendah yakni nomor 17 dunia, sebelum akhirnya naik lagi usai memenangkan grand slam Australia Terbuka awal tahun ini.

Federer ke depannya kemungkinan bakal naik lebih tinggi lagi. Saat ini, Federer masih berada di bawah Rafael Nadal yang menempati peringkat dua, sementara posisi teratas masih dihuni Andy Murray.

Hingga saat ini, Federer memegang rekor bertahan di nomor satu dunia selama 302 minggu. Kali terakhir Federer berada di posisi teratas adalah minggu pertama November 2012.

Sementara itu, Marin Cilic, yang mencapai final Wimbledon pertamanya dan menjadi runner-up, akan menempati peringkat enam pada awal pekan ini. Posisi tersebut menjadi ranking terbaik yang pernah diperoleh petenis asal Kroasia itu selama kariernya.



(nug)
loading gif
Top