alexa snippet

Piala Rogers 2017

Angkat Trofi Piala Rogers, Svitolina Ukir Sejarah Baru

Angkat Trofi Piala Rogers, Svitolina Ukir Sejarah Baru
Elina Svitolina memenangkan gelar Piala Rogers 2017 dengan menundukkan Caroline Wozniacki di pertandingan terakhir. / Foto/Reuters
A+ A-
TORONTO - Petenis tunggal putri dari Ukraina, Elina Svitolina mengukir sejarah baru WTA. Dia menjadi pemain pertama yang berhasil memenangkan tiga turnamen Premier 5, setelah tampil sebagai juara di Piala Rogers 2017 di Toronto, Kanada, Senin (14/8) WIB.

Pemain tenis yang kini menghuni peringkat lima dunia itu mengangkat trofi Piala Rogers berkat keunggulan dua set langsung 6-4, 6-0 atas mantan ratu tenis dunia, Caroline Wozniacki di laga puncak yang berlangsung selama 78 menit.

Sebelumnya, belum pernah ada petenis tunggal putri WTA yang sukses menjadi juara sebanyak tiga kali di turnamen tingkat Premier 5 dalam satu musim sejak level turnamen mulai diperkenalkan pada 2009.

Selain menjadi gelar Premier 5 ketiganya, mahkota juara di Toronto tersebut juga menjadi gelar kelima Svitolina dalam perjalanannya di tur WTA di musim 2017 sejauh ini. Sebelumnya, dia memenangkan Premier 5 di Italia Terbuka atau Roma Masters dan Kejuaraan Tenis Dubai. Lalu, dua gelar tur WTA lainnya adalah Taiwan Terbuka di Kota Taipei dan Piala Istanbul.

Kemenangan yang diraih Svitolina atas Wozniacki di final Piala Rogers ini seakan kembali mengingatkan final Kejuaraan Tenis Dubai 2017. Kala itu, Svitolina unggul dua set langsung 6-4, 6-2. Secara keseluruhan, Svitolina pun unggul 3-0 dalam rekor bertanding dengan Wozniacki. Satu kemenangan lainnya terjadi di Miami tahun lalu.

Sementara di sektor ganda, juara bertahan dan favorit teratas, Ekaterina Makarova/Elena Vesnina dari Rusia berhasil mempertahankan gelar dengan membungkam Anna-Lena Groenefeld (Jerman)/Kveta Peschke (Republik Ceko) 6-0, 6-4.

Dengan berhasil memenangkan tiga gelar Premier 5 dalam satu musim, maka Svitolina pun mengungguli empat petenis lain yang sejauh ini baru berhasil merebut dua gelar Premier 5, antara lain:

- Caroline Woznkiacki pada 2010 di Montreal dan Tokyo;
- Maria Sharapova pada 2011 di Roma dan Cincinnati;
- Serena Williams pada 2013 di Roma dan Toronto;
- Victoria Azarenka pada 2013 di Doha dan Cincinnati;
- Serena Williams pada 2014 di Roma dan Cincinnati.



(nug)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top