20 Negara Ramaikan Tour de Molvccas Berhadiah Total Rp1 M

Senin, 04 September 2017 - 23:31 WIB
20 Negara Ramaikan Tour de Molvccas Berhadiah Total Rp1 M
20 Negara Ramaikan Tour de Molvccas Berhadiah Total Rp1 M
A A A
JAKARTA - Tour de Molvccas (TdM) yang menjadi lomba balap sepeda internasional pertama di Maluku siap dihelat 18-22 September 2017. Dua minggu menjelang pelaksanaan balapan, persiapan teknis mencapai 80% yang mencakup kesiapan infrastruktur jalan, jembatan, akomodasi, kesiapan perhubungan terutama transportasi, jaringan komunikasi, jaringan listrik dan lainnya.

Ketua Pelaksana TdM Saimima optimistis persiapan akan mencapai 100% pada saat hari H pelaksanaan even yang menyediakan total hadiah Rp1 miliar tersebut. ”Persiapan telah mencapai 80% dan saya optimis bisa mencapai 100% pada waktu pelaksanaan atau hari H. Sebagian besar jalan-jembatan yang rusak termasuk jalan di kawasan Taman Nasional Manusela (SS) yang sebagian besar mengalami kerusakan, sedang dikerjakan dan dipastikan selesai pada waktu pelaksanaan kegiatan TdM nanti,''kata Saimima di Jakarta, Senin (4/9/2017).
Kesiapan Maluku untuk memanggungkan Tour de Molvccas diapresiasi oleh International Commissaire balap sepeda internasional yang diakui badan sepeda dunia UCI (Union Cycliste Internationale) sekaligus Konsultan Teknis TdM, Jamaludin Mahmood. Dia menjelaskan bahwa perbaikan jalur yang akan dilewati oleh pembalap hingga tahap sempurna sangat krusial dikarenakan medan yang ditempuh cukup menantang dengan banyaknya tanjakan dan kelokan yang akan dilalui. Ditambah lagi jarak panjang dan waktu panjang yang harus dilalui selama lomba. ''Jalan yang diperbaiki oleh balai jalan di jalur yang dilalui Tour de Molvccas sudah mulus,''kata Jamaludin.

TdM akan diikuti 16 tim dari 20 negara yang terdiri atas 5 tim nasional dan 11 tim internasional. Lebih dari 100 pembalap dan official akan melewati lima etape atau sepanjang 713,7 km antara lain empat di Pulau Seram dan satu etape (terakhir) di Pulau Ambon.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5025 seconds (0.1#10.140)