Antara Wilder dan Joshua, Siapakah Juara Kelas Berat Terbaik Dunia?

Jum'at, 10 November 2017 - 06:37 WIB
Antara Wilder dan Joshua, Siapakah Juara Kelas Berat Terbaik Dunia?
Antara Wilder dan Joshua, Siapakah Juara Kelas Berat Terbaik Dunia?
A A A
MEXICO CITY - Apabila menanyakan kepada Mauricio Sulaiman tentang siapa petinju kelas berat terbaik di dunia saat ini, tentu saja Presiden WBC itu akan langsung menjawab Deontay Wilder yang terbaik.

Sejauh ini, terdapat perdebatan di antara penggemar dan analis tinju di tingkat dunia mengenai siapa petinju kelas berat terbaik di dunia. Mencoba untuk mengakhiri perdebatan tersebut, Sulaiman menegaskan jika Wilder-lah petinju kelas terbaik di planet ini.

Bukan hanya menguasai sabuk juara dunia WBC, menurut Sulaiman, Wilder semakin lama semakin matang saat bertarung di dalam ring tinju. "Saat ini dan tanpa pertanyaan, Deontay Wilder adalah kelas berat terbaik di dunia," tegas Sulaiman seperti dikutip Fights Sports.

Ini bisa dibuktikan dengan kemampuan Wilder yang hanya membutuhkan satu ronde untuk merobohkan mantan juara dunia Bermane Stiverne dalam duel ulang mereka di Barclays Center di Brooklyn, New York, Amerika Serikat, 5 November 2017.

Padahal, di pertemuan perdananya atau ketika Wilder kali pertama menjadi juara dunia pada Januari 2015, Wilder harus berlaga hingga 12 ronde dengan Stiverne. Dan Stiverne pun menjadi satu-satunya petinju yang mampu bertahan hingga 12 ronde tatkala bertarung kontra Wilder.

Sejak debut profesionalnya pada November 2008, Wilder, yang lahir 22 Oktober 1985, tak pernah absen untuk merobohkan atau menghentikan lawan-lawannya hingga pada akhirnya Stiverne mampu menahannya. Saat ini, The Bronze Bomber memiliki rekor 39 kemenangan (38KO) tanpa tercium kekalahan.

Sementara itu, petinju yang menjadi pesaing berat Wilder adalah Anthony Joshua, yang saat ini raja kelas berat versi IBF/WBA Super/IBO. Sama seperti Wilder, Joshua juga belum pernah tersentuh kekalahan, meskipun dia sempat sekali jatuh di kanvas saat menghentikan Wladimir Klitschko, April lalu.

Juara dunia asal Inggris itu mengawali karier profesionalnya pada Oktober 2013. Dan sejauh ini, petinju berusia 28 tahun itu membukukan rekor sempurna, yakni 20 kemenangan dengan 20 KO/TKO dalam 20 pertempurannya di dalam ring.

Tanpa menafikan juara kelas berat WBO, Joseph Parker, pertemuan Wilder dengan Joshua sangat dinantikan oleh para penggemar tinju dunia. Akankah dua sumbu kekuatan di kelas berat ini bakal segera bertemu di dalam ring? Kita tunggu saja...

Perbandingan antara Deontay Wilder dan Anthony Joshua

Anthony JoshuaDeontay Wilder
15 Oktober 1989Lahir22 Oktober 1985
InggrisAsalAmerika Serikat
198cmTinggi201cm
208cmJangkauan211cm
AJJulukanThe Bronze Bomber
OthodoxStanceOrthodox
20 (20KO)Menang39 (38KO)
-Kalah-
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4483 seconds (0.1#10.140)