Selain Latihan Fisik, Ini Persiapan Marathon untuk Pemula yang Wajib Dilakukan

Senin, 18 Desember 2023 - 13:21 WIB
loading...
A A A
1. 3. Lakukan Latihan Kekuatan

Jangan cuma latihan lari, Anda juga perlu melakukan latihan kekuatan. Jenis latihan kekuatan yang bisa dilakukan untuk mengimbangi kardio misalnya pilates, berenang, latihan dan alat-alat berat di gym. Ini semua dapat membantu membangun otot-otot baru serta mempertahankan kekuatan saat pertandingan lari maraton berlangsung.

1. 4. Pastikan Tubuh Terhidrasi

Namanya melakukan olahraga, apalagi marathon, akan membuat tubuh berkeringat yang dapat menyebabkan kekurangan cairan. Sebelum menghadapi first marathon, biasakan mengonsumsi banyak air saat berlatih agar tubuh dapat membiasakannya.

Anda bisa mengkonsumsi segelas air sebelum tidur pada malam sebelum marathon berlangsung dan satu gelas lagi di pagi harinya. Sementara itu, saat ajang maraton berlangsung, jangan lupa untuk menyiapkan botol berisi air untuk mengisi cairan tubuh saat berlari.

1. 5. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Selain memilih alas kaki yang tepat, Anda juga perlu menggunakan pakaian yang nyaman selama berlari. Pilih baju dry fit yang terbuat dari bahan nilon, polieter, dan spandek. Ketiga bahan tersebut dapat menyerap keringat lebih cepat, sehingga nyaman untuk digunakan saat lari.

Untuk bawahan, Anda bisa menggunakan celana yang pendek atau ringan agar tidak mengganggu pergerakan ketika lari. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan kaos kaki yang tebal dan nyaman juga.

Itulah beberapa persiapan marathon untuk pemula yang bisa Anda lakukan. Jangan lupa, beli perlengkapan olahraganya di AladinMall mumpung lagi ada diskon spesial plus gratis ongkir tanpa batas! Download aplikasinya di Google Play dan App Store sekarang!
(sto)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2725 seconds (0.1#10.140)