Satu Persatu Pelatih Asing Pergi, Siapa Menyusul Tavares?

Kamis, 13 Agustus 2020 - 12:35 WIB
loading...
Satu Persatu Pelatih Asing Pergi, Siapa Menyusul Tavares?
Edson Tavares. Foto/Liga Indonesia
A A A
JAKARTA - Magnet kompetisi Indonesia bagi pelatih asing tampaknya sudah mulai memudar. Satu per satu juru taktik impor yang baru menjalani debut di Liga 1 memilih meninggalkan pekerjaannya atau menyetujui pemutusan kontrak.

Pandemi virus corona berdampak signifikan pada sepak bola Tanah Air. Tidak hanya memaksa PSSI menghentikan seluruh pertandingan sejak Maret lalu, namun juga mengubah total format kompetisi yang dijadwalkan bergulir Oktober mendatang.

Selain seluruh pertandingan akan dipusatkan di Pulau Jawa, yang paling menuai pro- kontra adalah penghapusan regulasi degradasi. Kebijakan ini otomatis menghilangkan aspek kompetisi dan dikhawatirkan akan menurunkan kualitas liga lantaran klub tidak memiliki beban untuk bertahan di kompetisi kasta tertinggi. (Baca: Jelang Liga 1 2020, Persebaya Tunggu Protokol Kesehatan)

Tidak hanya itu, kompetisi akan dilanjutkan dengan tanpa penonton. Ini berarti pemasukan utama klub dari sektor penjualan tiket dipastikan hilang. Sejumlah tim pun mulai melakukan efisiensi, salah satunya dengan pemotongan gaji pemain serta ofisial. Rangkaian masalah ini berdampak pada keharmonisan tim-tim Liga 1 .

Terbaru, Pelatih Borneo FC Edson Tavares menyetujui pemutusan kontraknya yang diajukan manajemen. Padahal, juru taktik asal Brasil itu baru saja ditunjuk menangani tim Pesut Etam pada awal musim lalu. Meski menelan kekalahan pada laga perdana kontra Persija Jakarta, Tavares mampu membawa Borneo mengemas poin penuh pada dua pertandingan berikutnya.

“Terima kasih kepada Tavares yang telah bekerja dengan keras bersama Borneo FC selama ini. Sejauh ini kami sedang menyeleksi kandidat pelatih pengganti dan sudah mengantongi curiculum vitaee-nya,” ucap Presiden Borneo FC Nabil Husein.

Tavares sendiri merupakan muka baru di kompetisi Indonesia. Pelatih berusia 64 tahun itu didatangkan Persija pada pertengahan musim lalu. Pada akhir musim 2019, kontraknya tidak diperpanjang Macan Kemayoran dan memilih berlabuh di Borneo FC .

Namun, kebersamaannya dengan tim kebanggaan warga Kota Samarinda itu tidak berlangsung lama. Ini berarti Tavares tidak sampai satu musim menangani tim Indonesia.

Sebelumnya, Eduardo Perez juga gagal menjalani debut sebagai pelatih di kompetisi Liga 1. Mantan asisten pelatih timnas Indonesia Luis Milla itu memilih mundur dari jabatannya sebagai juru taktik PSS Sleman jelang musim 2020 bergulir. (Baca juga: Postingan Menghujat Nabi Muhammad Picu Bentrokan di India, Tiga Tewas)

Pengunduran diri pelatih jelang Liga 1 bergulir juga dialami Arema FC. Pelatih Mario Gomez memilih meletakkan jabatannya menangani tim Singo Edan setelah menolak renegosiasi kontrak dan pemotongan gaji.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)