alexametrics

Cedera Tak Halangi Aqsa dan Aero Tampil Cemerlang di AS

loading...
Cedera Tak Halangi Aqsa dan Aero Tampil Cemerlang di AS
Meski tak naik podium, torehan yang diperoleh Aero dan Aqsa terbilang membanggakan setelah meraih posisi ketiga dan keempat Kejuaraan Internasional P1 AquaX round 1 di Amerika Serikat (AS). Foto : Ist
A+ A-
JAKARTA - Pejetski andalan Indonesia Aero Sutan Aswar dan Aqsa Sutan Aswar tampil cemerlang di Kejuaraan Internasional P1 AquaX round 1 di Amerika Serikat (AS), 13-14 April 2019. Aero dan Aqsa yang terjun di Class Pro R/A Endurance sukses menembus peringkat 3 dan 4.

Sejak Motto 1, persaingan antar pejetski kelas dunia ini sangat ketat. Aero dan Aqsa semenjak start saling susul bersama pembalap dunia lainnya. Situasi dan kondisi yang berombak tinggi kurang lebih 4 meter membuat kerepotan semua pembalap, bahkan berpotensi resiko cukup tinggi.

Pada motto 1 ini, Aero sendiri mengalami cedera serius pada lutut kanannya ketika terhantam ombak, namun tetap mampu menyelesai moto-1 diposisi ke-3, dan Aqsa berada pada diposisi ke-6. Atas cedera yang dialami para pembalap, panitia pelaksana menyiapkan fasilitas pemeriksaan lengkap ke rumah sakit, termasuk Aero.

Namun Aero menolak untuk dibawa ke rumah sakit. Dia meminta ayahnya, Syaiful Aswar yang juga pelatihnya untuk memeriksa dan memberi pertolongan pertama kepadanya. Setelah dilakukan terapi khusus, Aero merasa lebih baik dan untuk melanjutkan ke motto 2.

Pada motto 2 ini, kakak beradik membuat strategi seperti biasa dilakukan pada balapan lain yang membutuhkan kekompakan. Aqsa menjaga kakaknya, persis berada di belakang Aero, agar juga sekaligus dapat mengawasi apabila ada resiko lanjutan dari cedera lututnya.

Selanjutnya saat motto 2 menyisakan beberapa putaran lagi, Aqsa segera mengambil posisi top speed dengan menyusul pembalap lainnya yang ada didepannya, dan akhirnya masuk garis finish urutan kedua.

Sementara sang kakak, Aero berada persis dibelakangnya posisi ketiga. Strategi dan perjuangan kakak beradik tersebut saling bahu membahu untuk mendapatkan point dan posisi terbaik.

Memasuki motto ketiga atas terakhir dijalani Aqsa dan Aero dengan gigih. Seluruh pembalap lain pun mengeluarkan segala kemampuan mereka untuk menyelesaikan keseluruhan balapan agar mendapatkan poin terbanyak pada penghitungan akhir.

Akhirnya kedua atlet jetski Indonesia ini berhasil menempatkan diposisi ke-3 dan ke-4 (dengan point keduanya yg sama 47-47). Peringkat pertama diraih pejetski AS Chris MacClugage AS dan kedua Brian Baldwin juga dari AS.

"Hasilnya cukup baik dan memuaskan, karena fighting sprit mereka berdua tidak ada yang down sama sekali. Walaupun pada motto-1, lutut kanan Aero kena cedera serius dihantam ombak yang besar setinggi tinggi kira-kira 4 meter. Begitu juga yang dilami oleh Aqsa. Dia mengalami cedera pada betis kanannya," kata Saiful Aswar.

"Malamnya saya lakukan pengobatan darurat yang sifatnya sementara, itu karena mereka tidak mau dibawa ke rumah sakit, berhubung kalau sudah di rumah sakit pasti tidak diperbolehkan untuk meneruskan lomba. Karakter mereka ini tidak gampang menyerah dan tetap dengan sepertinya mereka itu yang mengalahkan rasa sakitnya," papar pria yang akrab disapa Fully ini.
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak