Kimi Raikkonen Didiskualifikasi, Start dari Pit Lane

Minggu, 28 April 2019 - 19:10 WIB
Kimi Raikkonen Didiskualifikasi, Start dari Pit Lane
Kimi Raikkonen Didiskualifikasi, Start dari Pit Lane
A A A
BAKU - Pembalap Alfa Romeo Racing Kimi Raikkonen akan memulai start lomba Formula 1 (F1) GP Azerbaijan 2019 di Sirkuit Baku City, Minggu (28/4/2019), dari pit lane. Raikkonen didiskualifikasi dari hasil kualifikasi setelah sayap depan pada Alfa Romeo-nya gagal dalam tes defleksi sayap depan pasca-sesi kualifikasi, Sabtu (27/4/2019).

Pembalap Finlandia itu semula akan start dari P8, naik satu peringkat karena rekan setimnya Antonio Giovinazzi, mendapat penalti. Raikkonen akan start dari pit lane bersama pembalap Red Bull Pierre Gasly dan Robert Kubica (Williams).

"Para Steward menemukan bahwa sayap depan mobil 7 dibelokkan lebih dari 5mm di bawah beban 60 N," demikian laporan steward. "(Ini) melanggar Pasal 3.9.8 dari Regulasi Teknis Formula 1 FIA."

Keputusan itu berarti bahwa Raikkonen sekarang akan memulai balapan hari Minggu di Baku dari pit lane, setelah menggantikan sayap depan, bersama dengan Red Bull Pierre Gasly dan Williams Robert Robert Kubica. Pembalap Finlandia itu semula akan memulai dari P8, naik satu peringkat karena penalti kotak rekan setimnya Antonio Giovinazzi.

"Para Steward menemukan bahwa sayap depan mobil 7 dibelokkan lebih dari 5mm di bawah beban 60 N," membaca laporan pelayan. "[Ini] melanggar Pasal 3.9.8 dari Peraturan Teknis Formula Satu FIA."

Aturan dibuat untuk mencegah tim menghasilkan sayap yang membungkuk di bawah beban yang pada gilirannya menawarkan keunggulan aerodinamis.

Dengan demikian, pembalap Ferrari Charles Leclerc akan dipromosikan ke urutan kedelapan, setelah mengalami kecelakaan pada Q2 saat pembalap asal Monako itu difavorit untuk pole.

(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3719 seconds (0.1#10.140)