Sejarah Piala Eropa Hari Ini, Yunani Lolos ke Final

Senin, 01 Juli 2024 - 19:15 WIB
loading...
Sejarah Piala Eropa Hari Ini, Yunani Lolos ke Final
Sejarah mencatat, 1 Juli merupakan tanggal yang cukup berkesan di panggung Piala Eropa. Foto/UEFA
A A A
JERMAN - Sejarah mencatat, 1 Juli merupakan tanggal yang cukup berkesan di panggung Piala Eropa. Sejumlah laga epik, serta hasil fantastis tercatat tepat di tanggal 1 Juli. Salah satunya ialah kesuksesan Yunani dalam merengkuh tiket ke babak final.

Sejarah apa saja yang terjadi di Piala Eropa pada 1 Juli? Berikut ulasanya dilansir dari laman resmi UEFA :

1. Yunani 1 - 0 Republik Ceko


Yunani melanjutkan perjalanan luar biasa mereka menuju gelar juara Piala Eropa 2004, dengan mengalahkan Republik Ceko di semifinal lewat tandukan Traianos Dellas di pengujung babak pertama tambahan waktu. Laga yang berlangsung di Porto, 1 Juli 2004 ini akhirnya dimenangkan Yunani dengan skor 1 - 0.


2. Spanyol Juara Piala Eropa 2024


1 Juli 2012 menjadi salah satu hari yang tidak bisa dilupakan oleh Spanyol. Tepat hari itu, La Furia Roja - julukan Timnas Spanyol - kembali mengangkat trofi PIala Eropa setelah mengalahkan Italia dengan skor telak 4 - 0 pada partai final yang digelar di Kyiv.

Trofi tersebut sekaligus melengkapi hattrick Spanyol yang belum pernah dicapai negara mana pun di dunia. La Furia Roja saat itu berhasil meraih juara di Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, dan ditutup Piala Eropa 2012.


3. Wales Kejutkan Belgia


Memiki materi skuad mentereng, membuat Belgia diprediksi menang mudah saat bersua Wales pada babak perempat final Piala Eropa 2016. The Red Devils - julukan Belgia - bahkan mampu unggul lebih dulu lewat gol Radja Nainggolan di menit 13.

Siapa sangka, semangat juang yang ditunjukkan Wales justru mampu membuat kejutan. Tim asuhan Chris Coleman ini berhasil membalikkan keadaan dan meraih kemenangan dengan skor akhir 3 - 1. Gol The Dragons - julukan Wales - tercatat atas nama Ashley William (30’), Hal Robson-Kanu (56’), dan Sam Vokes (85’).
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0716 seconds (0.1#10.140)
pixels