Lebih Seru, UEFA Pertimbangkan Format 8 Besar Dilanjutkan di Liga Champions

Senin, 24 Agustus 2020 - 03:03 WIB
loading...
Lebih Seru, UEFA Pertimbangkan Format 8 Besar Dilanjutkan di Liga Champions
Presiden UEFA Aleksander Ceferin mempertimbangkan format sistem gugur satu pertandingan untuk Liga Champions berikutnya/Foto/Tangkapan layar Reuters
A A A
LISABON - Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) tengah mempertimbangkan format sistem gugur satu pertandingan yang digunakan di Liga Champions 2019/2020 akan diberlakukan pada kompetisi musim berikutnya. UEFA menilai format turnamen satu laga yang diterapkan mulai dari perempat final dan seterusnya lebih seru ketimbang dua leg.

UEFA mengubah sistem kompetisi Liga Champions (dan Liga Europa ) tahun ini setelah pandemi virus corona menghentikan kompetisi selama beberapa bulan di seluruh Eropa pada Maret. Format diubah untuk memungkinkan kompetisi diselesaikan dalam rentang waktu yang lebih singkat. ( ).

Delapan klub menuju Lisabon, Portugal, dan final diperebutkan pada Minggu (23/8/2020) malam, yang mempertemukan Paris Saint-Germain (PSG) melawan Bayern Muenchen .

“Kami terpaksa melakukannya, tetapi pada akhirnya kami melihat bahwa kami menemukan sesuatu yang baru. Jadi kami pasti akan memikirkannya untuk diterapkan di masa depan,” Presiden UEFA Aleksander Ceferin kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

Ceferin mengatakan bahwa tanpa leg kedua, tim dipaksa untuk mengejar gol. “Tidak ada banyak taktik. Jika hanya satu pertandingan, jika satu tim mencetak gol maka tim lain harus membalas secepat mungkin. Kalau sistem dua leg maka masih ada waktu untuk memenangkan pertandingan di laga berikutnya,” ujar Ceferin. ( ).

“Yang pasti, pertandingan lebih menarik, tapi tentu saja kami juga harus memikirkan tentang fakta bahwa kami hanya memiliki lebih sedikit pertandingan dan stasiun televisi mungkin mengatakan 'Anda tidak memiliki banyak pertandingan seperti sebelumnya, ini berbeda'. Jadi, kami harus berdiskusi saat situasi gila ini berakhir."

Turnamen 'final delapan' berlangsung tanpa fans di stadion. ini akan menjadi masalah juga jika fans sudah dibolehkan ke stadion. Prospek berkumpulnya suporter dari delapan klub yang tampil di satu kota dapat menyebabkan masalah keamanan dan masalah logistik lainnya.

Format seperti saat ini dikunci secara kontrak hingga 2024/2025 tetapi pembahasan akan dimulai akhir tahun ini mengenai struktur kompetisi untuk fase berikutnya. ( ).

Turnamen ini dimainkan selama 11 hari, dan mengosongkan ruang dalam kalender internasional yang padat akan menjadi kendala lain yang harus diatasi. Tapi, Ceferin jelas tertarik dengan kemungkinan tersebut.

“Pastikan itu adalah format yang sangat menarik. Sekarang, saya ragu sebanyak kalender sekarang, bahwa kami dapat melakukan delapan besar (sistem turnamen), karena itu akan memakan banyak waktu. Tapi dengan format satu pertandingan dan sistem seperti sekarang, saya kira akan jauh lebih seru dari format sebelumnya,” ujarnya.

“Ini baru ide, jika kami akan memainkan sistem ini, kami belum berdiskusi dengan siapa pun. Kami akan bermain di satu kota. Jika Anda bermain di satu kota, Anda bisa bermain sepak bola selama seminggu atau semacamnya. Tapi masih terlalu dini untuk memikirkannya."

“Kami telah melihatnya sebagai kesuksesan besar dan pemirsa di TV sangat besar, mungkin juga bagus karena ini bulan Agustus dan orang-orang ada di rumah, setidaknya beberapa dari mereka, tetapi turnamen yang menarik.”

Selain Liga Champions , UEFA juga mengadakan turnamen serupa untuk melengkapi musim Liga Europa dan telah mengadakan final Youth League dan dan Liga Champions Wanita.

“Itu bukan tugas yang mudah, percayalah. Kami satu-satunya organisasi di dunia yang menyelenggarakan acara internasional (dengan) empat acara di empat negara, yang merupakan tantangan ekstrem bagi kami,” imbuh Ceferin.

Lebih dari 12.000 tes Covid-19 telah dilakukan pada pemain dan staf di turnamen UEFA. “Yang paling menantang adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan dan virus ini yang menyebar ke seluruh dunia. Kami mencoba untuk mengontrol semua orang, untuk dikunci, dipisahkan dari bagian dunia lainnya, tetapi ini adalah tantangan besar."
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5709 seconds (0.1#10.140)