Rafael Nadal Buru Gelar Kedua, Menunggu Juara Baru Tunggal Putra

Sabtu, 18 Januari 2020 - 13:35 WIB
Rafael Nadal Buru Gelar Kedua, Menunggu Juara Baru Tunggal Putra
Rafael Nadal Buru Gelar Kedua, Menunggu Juara Baru Tunggal Putra
A A A
MELBOURNE - Semua mata penggemar tenis dunia memusatkan perhatian ke Grand Slam Australian Open 2020. Setelah awal yang mendebarkan untuk musim ini sejak Piala ATP serta di Doha, Adelaide dan Auckland, bintang-bintang ATP Tour siap bertarung di Grand Slam pertama tahun ini di Melbourne Park.

1. Tiga Besar Memimpin Lagi

Rafael Nadal, Novak Djokovic dan Roger Federer bergabung dengan koleksi 14 dari 16 gelar Australia Terbuka, 12 kejuaraan Grand Slam berturut-turut dan 55 dari 66 gelar yang berasal dari gebrakan Federer di Wimbledon pada tahun 2003.

Sang legenda kembali ke Melbourne Park sebagai pemain No.1, No.2 dan No.3 dalam peringkat ATP (Nadal, Djokovic, Federer) dan No.1, No.2 dan No.3 dalam daftar peraih gelar Grand Slam (Federer 20, Nadal 19, Djokovic 16). Ini adalah kali kedelapan Big 3 bertanding bersama sebagai unggulan To 3:



2. Nadal Mencari Gelar Kedua

Ini adalah keempat kalinya Nadal masuk ke Australia Terbuka sebagai unggulan teratas dan ia memenangkan gelar tunggal di sini pada tahun 2009 sebagai No.1 Dunia. Ia juga unggulan No. 1 pada tahun 2011 (Perempat final) dan 2018 (Peremat final). Jika Nadal dapat meraih gelar Australia Terbuka keduanya, ia akan menjadi orang ketiga yang memenangkan keempat turnamen Grand Slam setidaknya dua kali, bergabung dengan bintang hebat Australia Roy Emerson dan Rod Laver.

Musim lalu ia menjadi pemain tertua (33) yang menyelesaikan akhir tahun No.1 dalam sejarah Peringkat ATP (sejak 1973). Itu adalah akhir tahun kelima No,1-nya, melewati Djokovic, Federer dan Jimmy Connors untuk yang kedua, hanya tertinggal Pete Sampras (6).

3. Dominasi Djokovic

Djokovic memiliki rekor tujuh gelar Australia Terbuka. Dia diikuti oleh Federer dan Emerson, yang masing-masing memiliki enam gelar pada mayor pertama tahun ini. Djokovic mengalahkan Nadal dalam dua set langsung di final tahun lalu.

Petenis Serbia berusia 32 tahun itu memimpin negaranya meraih gelar Piala ATP dengan menang 6-0 di tunggal (2-0 di nomor ganda) dengan 10 kemenangan teratas atas Gael Monfils No. 10, Daniil Medvedev No. 5, Daniil Medvedev No. Djokovic mengukir 899 kemenangan dalam karir dan dengan kemenangan di babak pertama ia akan menjadi pemain keenam di Era Terbuka dengan 900 kemenangan (899-187).

4. Federer Memburu Gelar 100 di Aussie


Musim lalu Federer meraih gelar tur tingkat tunggal ke-100nya dengan merebut mahkota Dubai. Ia juga meraih 100 kemenangan di Wimbledon (101). Superstar Swiss berusia 38 tahun itu membuat penampilan ke 21 secara beruntun di Melbourne dan ia memiliki catatan karir 97-14 di turnamen.

Tahun lalu, Federer mengalami kekalahan beruntun 17 pertandingan dengan kekalahan di babak keempat dari Stefanos Tsitsipas. Terakhir kali petenis Swiss itu tidak maju ke semifinal di Melbourne dalam dua tahun berturut-turut adalah 2002-03, ketika ia mencapai babak 16 besar.

5. Pertempuran untuk No. 1

Nadal memiliki keunggulan 515 poin atas Djokovic menuju Australia Terbuka, dan petenis Serbia itu berpotensi mendapatkan kembali No. 1 pada akhir dua minggu.

Djokovic memiliki 2.000 poin untuk dipertahankan dan Nadal mempertahankan 1.200 poin. Untuk mendapatkan kembali No. 1, Djokovic harus memenangkan gelar dan Nadal tidak boleh mencapai semifinal. Nadal dan Djokovic adalah dua dari enam pemain yang menempati peringkat No. 1 setidaknya 200 minggu:



6. Siapa Juara Selanjutnya?

Tidak ada pemain saat ini di bawah usia 30 yang memenangkan gelar Grand Slam. Pada AS Terbuka tahun lalu, Daniil Medvedev yang berusia 23 tahun hampir berhasil menerobos, kalah dari Nadal dalam lima set dalam pertandingan kejuaraan. Petenis Rusia itu diunggulkan sebagai petenis terbaik nomor empat dalam turnamen Grand Slam.

Bintang muda lain yang perlu diperhatikan adalah Dominic Thiem (26), yang merupakan finalis Roland Garros dua kali; No. 6 Stefanos Tsitsipas (21), juara Nitto ATP Finals dan semifinalis Australia Terbuka tahun lalu; Nomor 7 Alexander Zverev (22), yang memenangkan gelar Final ATP 2018 Nitto dan merupakan perempat finalis Roland Garros dua kali; Denis Shapovalov (20), yang berada di peringkat No. 13 tertinggi dalam karier dan akan menjadi unggulan 16 teratas dalam turnamen Grand Slam untuk pertama kalinya. Hasil Slam terbaik Shapovalov datang di AS Terbuka 2017, di mana ia mencapai babak keempat.

7. Rusia Meningkat

Andrey Rublev memenangkan gelar Doha akhir pekan lalu dan naik ke 20 Besar Peringkat ATP untuk pertama kalinya di karir No. 18 yang tinggi. Ia bergabung dengan Medvedev di No. 4 dan Karen Khachanov di No. 16 di dalam Top 20. Terakhir kali tiga Rusia menduduki peringkat di dalam Top 20 pada 28 Maret 2005 dengan No. 4 Marat Safin, No. 15 Nikolay Davydenko dan No. 19 Mikhail Youzhny.

8. Medvedev Melangkah Maju

Ini adalah turnamen Grand Slam kelima berturut-turut yang Medvedev telah meningkatkan posisi (unggulan 11-4):

Musim lalu, Medvedev memimpin ATP Tour dalam kemenangan pertandingan tingkat tur (59) dan final (9), memenangkan empat gelar terbaik dalam karier.

9. Harapan Australia

Petenis Australia terakhir yang memenangkan Australian Open adalah Mark Edmondson pada tahun 1976. Ini adalah kekeringan gelar terpanjang saat ini di Grand Slam di negara asal. Tahun ini, Aussie dipimpin Nick Kyrgios. Dia datang ke Melbourne peringkat No. 52 tahun lalu dan kalah dari mantan Milos Raonic petenis Nomor 3 Dunia di babak pertama. Petenis No. 1 Aussie Alex de Minaur menarik diri karena cedera perut.

10. Laga Perpisahan Bryan Bersaudara

Juara ganda Australia Terbuka enam kali, Bob Bryan dan Mike Bryan tampil terakhir di Melbourne. Mereka telah memenangkan gelar ganda Grand Slam terbanyak sebagai tim (16) dan memiliki kemenangan pertandingan tingkat tur terbanyak (1.102) bersama-sama di Era Terbuka. Mereka telah selesai sebagai tim No. 1 rekor 10 kali
2020 Australia
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7230 seconds (0.1#10.140)