alexametrics

30 Tahun Lalu, James Douglas KO Mike Tyson Guncang Kelas Berat!

loading...
30 Tahun Lalu, James Douglas KO Mike Tyson Guncang Kelas Berat!
30 Tahun Lalu, James Douglas KO Mike Tyson Guncang Kelas Berat!/Boxing Scene
A+ A-
11 Februari 1990. Tiga puluh tahun yang lalu. James Douglas mengguncang ring tinju Kelas Berat dunia. Hari itu, Douglas yang dijuluki Buster memukul KO si Leher Beton Mike Tyson di Tokyo Dome, Jepang!

Dan, ring tinju dunia geger. Tyson yang dikenal ganas, garang, sadis di ring, tak berdaya di hadapan Douglas. Si Leher Beton tersungkur saat mempertahankan gelar juara dunia Kelas Berat yang ke-10 dalam karirnya. Yang bikin geger adalah sabuk juara dunia Kelas Berat WBC, WBA, dan IBF yang selalu melingkari pinggang Tyson dirampas Douglas dengan kemenangan KO di ronde 10.

Dalam duel brutal tersebut, Douglas sempat terjengkang di ronde 8 setelah rahangnya dihajar uppercut kanan Tyson yang telak. Namun, Douglas masih mampu bangkit setelah mendapat hitungan dari wasit. Douglas diselamatkan bel akhir ronde 8. Dia pun bisa menghirup napas sejenak untuk mengembalikan kondisinya.



Saat ronde 10, Douglas menemukan momen dengan balik menghajar Tyson melalui serangkaian pukulan jab dan hook yang beruntun menghajar wajah Tyson yang limbung. Sebuah hook kiri maut Douglas menyambar dagu Tyson yang langsung terjengkang di sudut ring. Dengan sempoyongan sambil menggigit pelindung giginya yang terlepas, Tyson berusaha bangkit saat mendapat hitungan dari wasit. Akhirnya, wasit menghentikan pertarungan sambil memeluk tubuh Tyson yang masih sempoyongan.

Kekalahan KO dari Douglas itu menjadi titik awal hancurnya karir Tyson. Si Leher Beton yang di usia mudanya begitu menakutkan dengan selalu menang KO mengalami 6 kekalahan, 5 di antaranya dengan KO. Kekalahan KO kelima Tyson saat dirobohkan Kevin McBride pada 11 Juni 2005 sekaligus menjadi akhir petualangan si Leher Beton dengan rekor ring 50 menang (44KO) dan 6 kalah. Tiga kekalahan KO Tyson lainnya dialami saat dihajar Evander Holyfield, Lennox Lewis, dan Danny Williams. Satu kekalahan lain Tyson saat dia didiskualifikasi karena mengigit kuping Holyfield dalam duel ulang.
(aww)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak