Menakar Urgensi Barcelona Boyong Willian Jose

Kamis, 13 Februari 2020 - 05:03 WIB
Menakar Urgensi Barcelona Boyong Willian Jose
Menakar Urgensi Barcelona Boyong Willian Jose
A A A
BARCELONA - Darurat penyerang. Itulah yang dirasakan Barcelona di sisa musim 2019/2020. Cedera yang menimpa Luis Suarez dan Ousmane Dembele memaksa klub untuk mencari penyerang baru meskipun bursa transfer musim dingin (Januari) telah ditutup.

Menurut beberapa laporan, ada peraturan yang membolehkan hal itu jika ada pemainnya yang cedera panjang hingga lima bulan. Tapi Barcelona hanya diperbolehkan merekrut satu pemain dan harus dari kompetisi Spanyol.

Syarat lainnya adalah rekrutan itu juga tidak bisa tampil di Liga Champions, atau pemain luar tapi tidak memiliki klub. Salah satu nama yang mengundang atensi penggemar Blaugrana adalah Willian Jose.

Jose menjadi kandidat terkuat untuk berada di Camp Nou menggantikan peran Suarez dan Dembele, yang menderita cedera panjang hingga akhir musim. Potensi Jose pindah ke Barcelona mungkin dapat menawarkan solusi tertentu kepada Quique Setien, tetapi kehadirannya juga bisa menimbulkan masalah bagi pelatih dan tim.

Adaptasinya yang cepat terhadap filosofi tim dan kesesuaiannya dengan gaya sepak bola Barcelona masih dapat dipertanyakan, tetapi Jose akan merasa lebih nyaman jika ia akan bermain di bawah mantan pelatihnya.

Setien dan Jose sudah saling kenal sebelumnya ketika keduanya sama-sama membela klub Las Palmas pada musim 2015/2016. Selama semusim kedua, Jose berhasil mencetak 10 gol dalam 34 pertandingan dan kolaborasi keduanya pun mendapatkan pujian hangat dari penggemar.

Artinya, Setien sudah mengetahui karakteristik permainan dari Jose, dan bisa saja kehadirannya dapat menawarkan banyak solusi di lini depan. Dengan kata lain, Setien tidak mengalami kesulitan jika mantan anak asuhnya berada di Camp Nou.

Tapi perlu diingat bahwa gaya sepak bola Setien dapat menyebabkan masalah karena setiap kali Barcelona berpegang teguh pada kemenangan, pelatih cenderung menggunakan pemain depan serba bisa yang dapat tampil dan menukar ketiga posisi penyerang.

Jose mungkin tidak cocok dengan profil itu karena dia bukan tipe striker yang akan pindah ke sayap. Sementara itu, pemain Brasil akan diminta untuk berurusan dengan tekanan dari fans tuan rumah di Camp Nou.

Pendukung mengharapkan penandatanganan striker musim panas lalu, tetapi ditunda selama beberapa bulan dan pemain yang akan bergabung tidak akan dianggap sebagai striker elite. Apalagi menurut laporan Barca Blaugranes, harga transfer Jose terlalu malah (50 juta euro) dengan klasul pelepasan sebesar 70 juta euro.

Jika Barcelona akan menghabiskan banyak uang untuk striker, sepertinya itu bukan keputusan yang terburu-buru. Sayangnya untuk Barcelona, saat ini, waktu tidak tersedia. Jika dia gagal meyakinkan dengan penampilannya di pertandingan pertama, dia akan berjuang untuk memenangkan kembali para penggemar di masa depan. Akhirnya, masalah terakhir adalah Jose hanya akan tersedia untuk pertandingan Liga Spanyol saja lantaran sudah terlambat untuk memasukkannya ke daftar Liga Champions.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4257 seconds (0.1#10.140)