Merasa Lawan Temukan Titik Lemah Liverpool, Van Dijk Mengaku Harus Lebih Fokus

Senin, 09 Maret 2020 - 07:05 WIB
Merasa Lawan Temukan Titik Lemah Liverpool, Van Dijk Mengaku Harus Lebih Fokus
Merasa Lawan Temukan Titik Lemah Liverpool, Van Dijk Mengaku Harus Lebih Fokus
A A A
LIVERPOOL - Virgil van Dijk mengaku harus lebih fokus lagi saat menjalankan tugasnya mengawal lini belakang Liverpool. Pasalnya, tim lawan akhir-akhir ini mulai memanfaatkan rekannya yang menjadi bek tengah sebagai titik lemah The Reds

Pengalaman itu didapatkan Van Dijk saat Liverpool menjamu AFC Bournemouth pada lanjutan Liga Primer di Anfield, Sabtu (7/3). Pada laga itu, Callum Wilson yang menjadi ujung tombak tim tamu, cenderung menghindar untuk berduel dengannya.

Wilson justru memilih menekan Joe Gomez yang merupakan kompatriot Van Dijk di timnas Belanda. Keunggulan fisik, memungkinkan Wilson bisa mengalahkan Gomez dan membuat Bournemouth unggul lebih dulu pada menit ke-9.

Beruntung, Liverpool dapat membalikan keadaan melalui Mohamed Salah (24) dan Sadio Mane (33). Alhasil, The Reds bisa kembali lagi ke jalur kemenangan. Lebih lanjut, armada Juergen Klopp mengukir rekor lantaran telah memaksimalkan 22 laga kandang secara beruntun dikompetisi domestik.

Pada pertandingan itu, Bournemouth sedikit mencontek taktik yang dipakai Watford saat memberi Liverpool kekalahan pertama di Liga Primer musim ini dengan kemenangan 3-0. Namun, kali ini tuan rumah bisa melakukan antisipasi.

“Sudah jelas lawan terus mencari titik lemah kami dan berusaha menyulitkan kami. Saya pikir, jika bola mengarah padanya (rekannya di lini belakang), mereka akan berusaha untuk terus menusuk,” ujar Van Dijk, dilansir skysport.

“Apakah Anda mendapatkan bola itu atau malah kecurian, yang terpenting adalah bola kedua. Ketika kiper mendapat bola, mereka mencoba mencari posisi untuk menekan melalui Philip Billing. Mereka juga berusaha mempertemukan Wilson dan Gomez di tengah,” lanjut Van Dijk.

Karena itu, Van Dijk merasa harus lebih fokus dan sigap saat menjalani tugasnya. Dia harus siap sedia seandainya lawan berikutnya menggunakan cara yang sama. “Saya harus berada diposisi yang tepat saat Gomez mendapat tekanan,” tandasnya.

Van Dijk menyampaikan hal ini karena tidak ingin trofi Liga Primer yang sudah ada di depan mata hilang. Pasalnya, Liverpool hanya perlu sekitar tiga kemenangan lagi untuk menyudahi penantian selama hampir 30 tahun.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5937 seconds (0.1#10.140)