F1 GP Australia Dibatalkan, Begini Reaksi Pembalap dan Tim

Jum'at, 13 Maret 2020 - 08:38 WIB
F1 GP Australia Dibatalkan, Begini Reaksi Pembalap dan Tim
F1 GP Australia Dibatalkan, Begini Reaksi Pembalap dan Tim
A A A
MELBOURNE - Seperti sudah diperkirakan sebelumnya, lomba balap mobil Formula 1 GP Australia akhirnya dibatalkan. Para pembalap pu bereaksi mengingat jauh hari sudah mempersiapkan diri guna tampil di seri pembuka musim 2020.

Pembatalan tersebut tak lepas dengan pandemi virus corona yang makin menggila. Sebelum pembatalan lomba yang akan digelar di Sirkuit Albert Park, Minggu (15/3), tim McLaren sudah menyatakan mengundurkan diri. Keputusan tersebut diambil setelah salah seorang anggota timnya positif terjangkit virus COVID-19. (Baca juga : RESMI: F1 Batalkan Sirkus Jet Darat Grand Prix Australia! )

Pengunduran diri McLaren ini sempat mengundang spekulasi kalau gelaran GP Australia bakal dibatalkan. Sebab pejabat kesehatan Australia sudah memberikan peringatakan, jika ada satu saja orang dari anggota tim yang positif terinfeksi, balapan bakal batal.

Meski sempat dinyatakan lomba bakal digelar, hanya dalam hitungan jam keputusan diganti. GP Australia dibatalkan.

Tak ayal kondisi tersebut memantik komentar dari tim dan pembalap. Inilah reaksi tim dan pembalap yang dikutip Racefans, Jumat (13/3).

Scuderia Ferrari

Sepenuhnya mendukung keputusan yang diambil FIA dan Formula 1 bersama dengan Grand Prix Australia untuk membatalkan Grand Prix Australia (13-15 Maret) di sirkuit Albert Park Melbourne.

Keamanan semua anggota tim adalah prioritas nomor satu kami, terutama karena pandemi Covid-19 terus berkembang dengan cepat. Kami merasa sangat kasihan kepada para penggemar yang akan datang ke Albert Park dan mendukung balapan Formula 1 dengan semua antusiasme mereka yang biasa, serta semua orang yang akan menonton dari seluruh dunia.

Ferrari
Kita harus menunggu sedikit lebih lama untuk kembali ke mobil. Saya benar-benar berharap untuk kembali ke belakang kemudi tetapi ini adalah keputusan terbaik, kesehatan semua orang adalah prioritas. Tetap aman semuanya.

Charles Leclerc
Ini adalah keputusan yang tepat. Tidak ada yang menginginkan ini, kita semua ingin masuk ke dalam mobil dan balap, tetapi kita harus realistis dan kita harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan.

Kenyataannya adalah, ini sangat serius dengan orang-orang sekarat setiap hari, banyak orang sakit dan bahkan jika mereka tidak sakit, banyak orang yang terpengaruh secara finansial dan emosional. Tidak ada yang benar-benar tahu sejauh mana kita berurusan, tetapi kita semua harus mengambil tindakan pencegahan untuk menjaga orang sebanyak mungkin seaman mungkin. Saya tahu ini mengecewakan, karena olahraga menyatukan kita ketika masa sulit, tetapi itu adalah pembatalan yang tepat. Dengarkan saran semua orang, tetap aman. Berharap untuk segera kembali balap tetapi sementara itu jaga dirimu.

Lewis Hamilton

Saya sangat sedih tidak bisa bersaing di GP yang sudah seperti rumah saya di Melbourne dan memulai musim ini. Pada akhirnya meskipun keputusan yang tepat telah dibuat dan saya pikir semua orang dapat memahami ini adalah sesuatu yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Maaf untuk semua penggemar yang keluar untuk memberikan dukungan ini.

Daniel Ricciardo
Setelah konfirmasi dari Formula Satu, FIA dan AGPC bahwa Grand Prix Australia dibatalkan dan mengingat peristiwa force majeure yang kita alami berkaitan dengan pandemi Covid-19, fokus tim sekarang bergeser untuk memastikan bahwa semua personil kembali rumah seaman dan secepat mungkin. Semua tindakan pencegahan yang diperlukan dilakukan sesuai dengan pedoman Pemerintah dan Organisasi Kesehatan Dunia.

Kami berbagi kekecewaan dari para penggemar Formula Satu, tetapi keamanan tim, penggemar, media, dan staf sirkuit tetap menjadi prioritas mutlak. Kami sekarang menunggu informasi lebih lanjut dari FIA tentang status balapan di masa depan.

Red Bull
Tim F1 Dunia Renault DP mengakui dan sepenuhnya mendukung keputusan F1 dan FIA untuk membatalkan Grand Prix Australia 2020. Kami kecewa tidak bisa berlomba di depan penggemar Australia yang bersemangat yang telah menunjukkan dukungan seperti itu terhadap tim kami dan Daniel, namun kesehatan dan keselamatan anggota tim kami dan komunitas F1 yang lebih luas adalah sangat penting.

Renault
Harus menunggu beberapa hari lagi untuk mendapatkan balap kembali secara resmi. Tentu saja, sangat kecewa tetapi ini adalah keputusan terbaik bagi kami pembalap, tim, dan penggemar. Semoga seluruh situasi akan segera membaik. Tetap aman.

Esteban Ocon
Mengingat peristiwa baru-baru ini di Melbourne, dengan konfirmasi satu kasus COVID-19 dalam paddock, Alfa Romeo Racing ORLEN menyambut keputusan FIA, Formula 1 dan Australian Grand Prix Corporation untuk membatalkan Grand Prix Australia 2020 untuk keadaan force majeure.

Kesehatan dan keselamatan personel tim kami, serta tamu, sesama pesaing, personel dan penggemar Formula Satu, adalah prioritas utama kami dan kami mendukung keputusan ini dalam komitmen kami untuk memastikan kami melakukan yang terbaik untuk menjaga masing-masing tim kami anggota aman.

Alfa Romeo
Tim Haas F1 menerima keputusan untuk membatalkan Grand Prix Australia 2020 dan semua kegiatan Formula 1 yang dijadwalkan di Melbourne sebagaimana diumumkan dalam pernyataan bersama antara Formula 1, FIA dan dengan dukungan dari Australian Grand Prix Corporation (AGPC).

Keselamatan dan kesehatan semua orang yang terlibat dalam menjalankan acara ini sangat penting, seperti halnya ribuan penggemar yang telah berinvestasi dalam menghadiri Grand Prix Australia, dan sementara kecewa tidak dapat bersaing akhir pekan ini di Melbourne - dan berbagi bahwa hasrat untuk Formula 1, Tim F1 Haas menerima tindakan selanjutnya yang diambil oleh para pihak terkait dengan situasi yang dihadapi oleh situasi global Covid-19.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7847 seconds (0.1#10.140)