Faktor Skor Besar di Liga Primer

Rabu, 23 September 2020 - 11:35 WIB
loading...
A A A
Contohnya Leeds. Seandainya mereka mendapat dukungan dari pendukung saat menghadapi Liverpool, hasil akhir bisa jadi berbeda. “Di Liga Primer, intensitas akan lebih besar dan akan memberi mereka dorongan besar. Sulit menghitung berapa nilai pendukung mereka. Tapi, saya jamin Elland Road penuh akan membuat perbedaan positif," kata Peter Crouch, mantan pemain timnas Inggris dan Liverpool.

Tanpa penonton untuk pertama kali dalam 16 tahun terakhir, sepak bola memang memunculkan banyak kerugian. Dari sisi hasil pertandingan memperlihatkan bagaimana sekarang tidak ada lagi beda antara tuan rumah dan tim tamu. Tuan rumah tidak mendapat motivasi ekstra dari pendukungnya dan tim tamu tak merasakan beban tekanan dari suporter rival. (Baca juga: Arab Saudi Siap-siap Cabut Larangan Umrah)

Dari faktor klub, ketiadaan suporter membuat mereka harus rela kehilangan pendapatan tidak kurang dari 100 juta poundsterling per bulan. Karena itu, belum ada rencana untuk pelaksana Liga Primer memasukkan penonton ke stadion.

Pemerintah Inggris memang sudah memberi sinyal dengan mengizinkan kehadiran penonton secara terbatas, yaitu 1.000 orang. Jumlah dibatasi dalam rangka adaptasi terhadap situasi Inggris yang masih berperang melawan korona.

Hanya, pihak Liga Primer menilai jumlah tersebut tidak membantu banyak dalam proses persiapan mereka menjalani adaptasi baru suporter di stadion selama masih ada pandemi korona. "Dengan acara uji coba yang sekarang dibatasi pada 1.000 pendukung, kami yakin mereka tidak akan memberikan gambaran apa pun untuk menguji dan mengevaluasi tindakan yang dirancang demi memaksimalkan keamanan penggemar," bunyi pernyataan resmi Liga Primer.

Awal pekan lalu, Kepala Liga Primer Richard Masters mengatakan sangat penting penonton bisa kembali menyaksikan pertandingan di stadion. Dia memperkirakan 20 klub akan kehilangan total 700 juta poundsterling jika fans dilarang masuk stadion sepanjang musim. (Lihat videonya: Merasa Jenuh, Pasien Covid-19 di Kalteng Jebol Ruang Isolasi)

Sebelumnya, Brighton & Hove Albion mengizinkan 2.500 penggemar menyaksikan langsung pertandingan persahabatan pramusim melawan Chelsea dan Liga Primer. "Klub kami telah menyiapkan acara uji coba dan dapat menawarkan uji coba berskala lebih besar untuk membuktikan kemungkinan menghasilkan lingkungan yang aman dan nyaman secara hayati, seperti yang dibuktikan melalui keberhasilan pelaksanaan Project Restart," ujar pernyataan itu. (Maruf)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)