Makedonia Utara, Muka Baru di Piala Eropa

Sabtu, 14 November 2020 - 11:35 WIB
loading...
A A A
Di babak penalti, lima eksekutor Skotlandia, Leigh Griffith, Callum McGregor, Scott McTominay, Oli McBurnie, dan Kenny McLean sukses menjalankan tugasnya. Sedangkan Serbia, hanya Dusan Tadic, Jovic, Nemanja Gudlj, Aleksandar Katai yang berhasil, sementara Alexandar Mitrovic gagal.

Bagi Skotlandia, ini merupakan Piala Eropa ketiga mereka setelah 1992 dan 1996. Kemenangan atas Serbia juga memperpanjang catatan tak terkalahkan mereka di sembilan pertandingan beruntun atau yang pertama sejak 1976.

Di Piala Eropa 2020, Skotlandia akan bergabung di Grup D bersama Inggris, Kroasia dan Republik Ceko. Meski menilai timnya berkesempatan menang di waktu normal, Pelatih Steve Clarke mengaku bangga karena Skotlandia tampil berani dan tetap fokus hingga menang di babak adu penalti.

“Kami adalah tim yang lebih baik. Kami hanya kurang mencetak gol kedua untuk membunuh Serbia di waktu normal. Tetapi, saya merasa bangga melihat respons pemain ketika Serbia menyamakan kedudukan. Konsentrasi kami tetap terjaga dan berhasil menang adu penalti. Ini adalah momen luar biasa bagi semua orang di Skotlandia,” papar Clarke. (Lihat videonya: Berkunjung ke Aceh Jangan Lupa Menikmati Kopi Gayo)

Sementara Hungaria melaju ke Piala Eropa 2020 dengan mengalahkan Islandia 2-1 melalui playoff Path A. Di Piala Eropa 2020, skuad besutan Marco Rossi akan bersua Portugal, Prancis, dan Jerman di Grup F. Satu tiket lainnya diamankan Slovakia usai menang 2-1 atas Irlandia Utara lewat masa perpanjangan waktu. Pada Piala Eropa 2020, Slovakia akan menjajal Spanyol, Swedia, dan Polandia di Grup E.

Lolosnya Makedonia Utara, Skotlandia, Hungaria, dan Slovakia membuat kans mereka menghadirkan kejutan di Piala Eropa 2020 sangat terbuka. Keberhasilan Islandia melangkah hingga perempat final Piala Eropa 2016 menjadi penyemangat jika apa pun bisa terjadi di sepak bola. (Alimansyah)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)