Jajang akui perlu menggelar serangkaian uji coba

Jum'at, 07 September 2012 - 13:36 WIB
Jajang akui perlu menggelar serangkaian uji coba
Jajang akui perlu menggelar serangkaian uji coba
A A A
Sindonews.com – Meski kompetisi Indonesian Super League (ISL) musim 2012-2013 bergulir November mendatang, hal tersebut belum mengendurkan semangat Persib Bandung untuk terus menata kekuatannya. Arsitek Jajang Nurjaman pun sudah ambil ancang-ancang memanaskan persiapan untuk musim depan dengan mengagendakan uji coba.

Tim pelatih Persib diharap mulai berpikir ke arah tersebut. Apalagi, jika dikaitkan dengan pemain-pemain yang ada saat ini yang memperkuat timnas Indonesia di ajang Piala AFF November mendatang, skuad Maung Bandung – julukan Persib – akan memengaruhi jadwal latihan rutin.

Seperti halnya Firman Utina. Penyumbang gelar bagi Sriwijaya FC yang akan menandatangani kontrak bersama Persib tersebut tengah dipanggil pelatih timnas, Alfred Riedl. “Paling tidak kita siapkan enam laga uji coba pada bulan Oktober nanti. Jadwalnya sudah kami susun. Soal lawannya siapa akan ditentukan sambil kita menggelar latihan,” ungkap Jajang, Jumat (7/9).

Menurut Jajang, dirinya sejak jauh hari sudah merancang serangkaian uji coba untuk melihat hasil latihan sekaligus mematangkan tim Persib. Soal kualitas lawan yang akan dihadapi Persib dalam uji coba nanti, lanjut Jajang, akan disesuaikan dengan perkembangan kesiapan tim selama masa persiapan.

Pelatih yang juga pernah menjadi pemain Persib di era 80-an ini mengakui kalau dirinya telah menyiapkan strategi baru dalam permainan tim Atep dan kawan-kawan. Salah satu strategi yang sudah disiapkan olehnya adalah dengan memposisikan empat pemain belakang untuk menjaga lini pertahanan.

“Saya senang karena Persib punya cukup banyak pilihan di lini belakang. Musim ini kita akan tetap memakai empat pemain bertahan. Masing-masing dua sebagai bek tengah dan bek sayap,” paparnya. Untuk posisi center back selain pemain lama, Abanda Herman dan Maman Abdurahman, pilihan lainnya adalah Michale James Coyne dan Aang Suparman. Sementara di posisi bek sayap beberapa alternatif pilihan dimiliki Jajang karena bakal memiliki dua pemain baru mantan pemain Sriwijaya FC, Supardi dan M Ridwan.

“Untuk menjadi pemain inti nanti tergantung hasil latihan serta kesiapan masing-masing pemain menjelang pertandingan. Biarlah mereka bersaing di tim ini secara sehat.” ujar Jajang. Dia menambahkan, dengan menjejal kekuatan lawan yang bakal dihadapi Persib nanti, dirinya akan melihat perkembangan tim yang dihuni pemain bervariasi.

Namun yang pasti, skuad Persib musim depan dihuni 50 persen pemain lama dan selebihnya merupakan pemain baru. Tak hanya menhkombinasikan 11 pemain musim lalu dan 11 pemain barunya, Jajang juga akan menambah kekuatan dari pemain magang yang akan ditarik dari klub Pengcab PSSI Kota Bandung. huyogo simbolon
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6752 seconds (0.1#10.140)