Demi Piala AFF U-23, Kamboja Siapkan Stadion Baru Seharga Rp2,4 Triliun

Rabu, 02 Februari 2022 - 20:30 WIB
loading...
A A A
Kemudian, di sekeliling stadion lima lantai ini terdapat parit lebar dengan air mancur yang dimaksudkan sebagai penghormatan kepada candi yang terkenal dan menjadi maskot Kamboja, Angkor Wat. Candi itu memiliki luas 500 hektar, ikonik, dan populer ke seluruh penjuru dunia.

Bangunan tersebut dapat menampung 75 ribu orang dan dilengkapi dengan lapangan sepakbola berstandar internasional, kolam renang ukuran Olimpiade, serta lintasan lari.

Stadion ini juga memiliki ruang pemanasan, gym dalam ruangan, dan pusat olahraga air. Meski akan fokus pada sepakbola dan atletik, stadion juga dapat digunakan untuk cabang olahraga lain. Stadion dapat menyelenggarakan pertandingan kriket, bola basket, hingga bulu tangkis.

Adapun keunggulan dari Morodok Techo Stadium ini yakni memiliki konsep atap berbahan membran yang dapat disesuaikan dengan model bentuk konsep stadion berbentuk kapal haluan. Selain itu single seat pun juga di konsep elegan dengan menggunakan jenis cursive perubahan komposisi yang kuat.

Warna kursi yang dipilih pun dinilai sangat padu dengan fisik Stadion Morodok Techo Stadium yaitu menggunakan dominan varian warna biru sebagian berwarna putih merah dan abu-abu yang membentuk pola gradasi acak. Tiap titik warna-warna tersebut termasuk dalam elemen warna dari bendera nasional Kamboja yaitu warna biru.

Selain itu lapisan terluar trek atletik sintetis yang digunakan pada Morodok Techo Stadium yakni berwarna biru yang menambah kesan elegan dan mewah pada stadion ini. Bagian sisi luar stadion juga diaplikasikan panel untuk menambah keindahan eksterior dari stadion. Serta dikelilingi jembatan Trump menuju Concorde stadion.

Dua tiang besar yang terletak di sisi luar stadion di bagian utara dan selatan menjadi hal yang paling ikonik. Karena menggambarkan sebuah kapal yang membentangkan layarnya di samudra yang luas. Hal itu menunjukkan bahwa kedua ujung yang besar tersebut merupakan lapak persahabatan antara Cina dan Kamboja.

Belum dikethaui berapa harga tiket pertandingan piala AFF U-23. Namun, antusiasme pendukung sepak bola tuan rumah tidak bisa diragukan.



Menelisik pada perhelatan piala AFF 2019, pendukung sepak bola Kamboja kerap memenuhi stadion. Meski tidak semeriah di Indonesia, tetapi ribuan pendukung yang hadir sudah cukup membuat bising National Stadion Phnom Penh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8472 seconds (0.1#10.140)